People Innovation Excellence

Kepedulian Pembimbing Tesis untuk Meningkatkan Mutu Ppenelitian

Tesis atau skripsi mahasiswa, merupakan  langkah awal mahasiswa melakukan penelitian mandiri yang harus dipertanggung jawabkan dari segi substansi dan ke ilmiahannya dalam sidang. Mutu tesis menjadi ukuran kompetensi mahasiswa  sebagai peneliti pemula,  ditentukan oleh kemampuan mahasiswa itu sendiri,  pembimbingnya dan komitmen lembaga dalam menyediakan sumberdaya penelitian dan waktu. Penjaminan mutu penelitian dan tesis mahasiswa fokus pada proses,  dimulai sejak pengajuan proposal tesis, perencanaan penelitian, menentukan metode penelitian dan pelaksanaan penelitian serta yang terakhir adalah sidang tesis, sebagai pengendalian mutu. Dalam sidang tesis, dipastikan bahwa tesis sudah memenuhi standar substasi bidang studi dan standar keilimahan yang bersifat mutlak  artinya berlaku secara umum bukan standar minimal lembaga.  Mahasiswa membutuhan bimbingan dan pengawasan khusus, agar dapat berkembang dan bertumbuh kemampuan melakukan penelitiannya.

Peran supervisor atau pembimbing dalam penelitian dan penyusunan tesis, sangat penting selama  proses penelitiannya untuk menghasilkan karya penelitian mahasiswa yang bermutu. Kepedulian pembimbing tesis  sangat diperlukan mahasiswa secara pribadi, yang dapat memotivasi dan memampukan mahasiswa agar tesis dapat diselesaikan sesuai dengan target waktu dan mutunya. Suatu studi di tingkat universitas dan mahasiswa menuntut dan membutuhkan dukungan khusus dan bimbingan dari sumberdaya pembimbing, yang mencakup   empat dimensi Will, Knowledge, Actions, dan Proficiency, masing-masing memberikan kontribusi bagi hubungan supervisi.

Will berarti komitmen  untuk melakukan bimbingan menyediakan waktu dan tenaga serta pikiran , sedangkan knowledge atau pengetahuan mengacu pada substansi  pengetahuan dan  penguasaan dan kemampuan untuk memahami struktur keseluruhan penelitian. Action yaitu tindakan  untuk memastikan bahwa isi atau konten memenuhi persyaratan kualitas ilmiah. Proficiency yaitu kemahiran metode bimbingan atau supervisi yang bisa i positif atau  suportif dan kepribadian. Seorang pembimbing dapat menekankan fitur yang berbeda tergantung pada  gayanya  sendiri dan kebiasaan kerja siswa dan kebutuhan.  Bimbingan atau supervisi  tidak mungkin berhasil jika salah satu dari sumber tersebut  benar-benar hilang.

Pendekatan peduli penelitian mencakup semua tahap bimbingan  tetapi hanya jika pembimbing/nsupervisor bersedia untuk mengadopsi sikap yang peduli yang tergambar   dari pengakuan kekuatan manusia dan kesejahteraan. Pengawasan dapat mengembangkan ke arah positif jika para dosen  mengevaluasi perkembangan  mereka sendiri sebagai pengawas atau pembimbing, merenungkan dan diversifikasi praktik bimbingan, dan rencana bimbingan  bersama-sama dengan mahasiswa untuk meningkatkan inspirasi dan peluang untuk berhasil dalam penelitian.

Berdasarkan pengalaman praktis dan penelitian, telah memperkenalkan pedagogi mengawasi tesis  dan menunjukkan bahwa selama proses penyususnan tesis , hubungan antara pembimbing dan perubahan mahasiswa  dan bervariasi. Bagaimana menjadi cermin kritis tetapi aman bagi mahasiswa yang berjuang dengan penelitian nya? Seiring dengan proses penelitian, kemampuan untuk mengawasi dan diawasi menjadi konstan ditantang, juga.

Dari bahasan ringkas ini, memberi pesan dan kesan pada kita para pembimbing tesis mahasiswa, sudahkah kita memenuhi empat dimensi diatas sebagai persyaratan pembimbing yang peduli. Namun untuk dapat memenuhi persyaratan diatas, kita mesti refeksi diri dan komitmen untuk berkembang sebagai bentuk tanggung jawab untuk kesejahteraan sesama. Lembaga dapat memberikan ruang dan sumberdaya bagi para pembimbing agar dapat berkembang, tidak hanya  bagi mahasiswa saja.

 

Sumber :  UusiauttiI, Satu dan Maatta, Aarina (Eds). (2016). The Basics of Caring Research, Sense Publishers, Rotterdam, ISBN: 978-94-6300-597-5 (e-book).


Published at :
Written By
J. SUDIRWAN
Subject Content Specialist | School of Information Systems sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close