People Innovation Excellence

BETA TEST

Pengujian beta juga dikenal sebagai pengujian pengguna berlangsung di lokasi pengguna akhir oleh pengguna akhir untuk memvalidasi kegunaan, fungsi, kompatibilitas, dan uji reliabilitas dari software yang dibuat.

Aktifitas pengujian beta menambah nilai siklus hidup pengembangan perangkat lunak karena memungkinkan pelanggan sebenarnya kesempatan untuk memberikan masukan ke dalam desain, fungsi, dan kegunaan dari produk. Masukan ini tidak hanya penting untuk keberhasilan produk tetapi juga investasi ke produk masa depan ketika data yang dikumpulkan dikelola secara efektif.

Hal ini juga dikenal sebagai uji lapangan. Ini terjadi di lokasi pelanggan. Ini mengirimkan sistem untuk pengguna yang menginstal dan menggunakannya di bawah kondisi kerja dunia nyata.

Tes beta merupakan tahap kedua dari pengujian perangkat lunak di mana pengguna mencoba produk. Awalnya, tes alpha berarti tahap pertama pengujian dalam proses pengembangan perangkat lunak. Tahap pertama meliputi unit testing, pengujian komponen, dan pengujian sistem. pengujian beta dapat dianggap “pengujian pra-rilis artinya sebelum produk tersebut dilempar ke pasaran maka harus dipastikan dari sisi pelanggan bahwa perangkat lunak tersebut terbebas dari cacat atau kegagalan .

Tujuan dari pengujian beta adalah untuk menempatkan aplikasi Anda di tangan pengguna yang sebenarnya yang berada di luar tim teknik Anda untuk menemukan setiap kekurangan atau masalah dari perspektif pengguna akhir.

Pengujian Beta – Dalam SDLC

Diagram berikut menjelaskan pengujian Beta dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak:

beta1

Beta Testing Dependensi

Ada sejumlah faktor yang tergantung pada keberhasilan pengujian beta:

  • Uji Biaya
  • Jumlah Peserta Uji
  • Pengiriman
  • Durasi Uji
  • cakupan Demografi

Pengembang merilis baik beta tertutup atau beta terbuka;

  • versi beta tertutup dilepaskan untuk kelompok memilih individu untuk uji pengguna dan sesuai undangan saja, sedangkan
  • pengujian beta terbuka berasal dari kelompok yang lebih besar dari masyarakat umum dan siapapun yang tertarik. Penguji melaporkan bug yang mereka temukan, dan kadang-kadang menyarankan fitur tambahan yang mereka pikir harus tersedia dalam versi final.

Keuntungan dari pengujian beta:

  • Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan aplikasi Anda ke tangan pengguna sebelum melepaskannya ke masyarakat umum.
  • Pengguna dapat menginstal, menguji aplikasi Anda, dan mengirim umpan balik kepada Anda selama periode pengujian beta ini.
  • penguji beta Anda dapat menemukan masalah dengan aplikasi Anda bahwa Anda mungkin tidak menyadari, seperti aliran aplikasi membingungkan, dan bahkan crash.
  • Menggunakan umpan balik yang Anda dapatkan dari pengguna ini, Anda dapat memperbaiki masalah sebelum dirilis ke masyarakat umum.
  • Semakin masalah Anda memperbaikinya memecahkan masalah pengguna nyata, semakin tinggi kualitas aplikasi Anda ketika Anda melepaskannya untuk masyarakat umum.
  • Memiliki aplikasi berkualitas tinggi ketika Anda lepaskan untuk masyarakat umum akan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • pengguna ini, yang pengadopsi awal dari aplikasi Anda, akan menghasilkan kegembiraan tentang aplikasi Anda.

Sumber :

https://www.tutorialspoint.com/software_testing_dictionary/beta_testing.htm

http://istqbexamcertification.com/what-is-beta-testing/


Published at :
Written By
Joni Suhartono
Subject Content Coordinator | School of Information Systems sis.binus.ac.id

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close