People Innovation Excellence

Kerangka Konseptual Data Warehouse

Definisi data warehouse adalah data warehouse merupakan kumpulan data yang berorientasi  subyek, terintegrasi, tidak dapat di-update, memiliki dimensi waktu, yang digunakan untuk mendukung proses manajemen pengambilan keputusan dan kecerdasan bisnis (Inmon, 2002, h.31-35). Jadi dengan definisi tersebut, maka data warehouse memiliki karakteristik, sebagai berikut:

  1. Berorientasi subjek

Data  diorganisasi oleh subjek detail (misal  berdasarkan  pelanggan, jenis kebijakan, dan klaim dalam perusahaan asuransi), yang berisi informasi yang relevan untuk mendukung keputusan. Data warehouse berbeda dengan database operasional. Pada umumnya, database operasional mempunyai sebuah orientasi produk untuk menangani transaksi yang memperbarui database.

  1. Terintegrasi

Data pada sumber berbeda dapat di-enkode dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh, data jenis kelamindapat di-enkode sebagai 0 dan 1 di satu tempat dan ”m” dan ”f” di tempat lain. Di dalam data warehouse, enkode tersebut dibersihkan atau dibuat ke dalam satu format sehingga mereka distandarisasi dan konsisten. Banyak organisasi menggunakan terminologi yang sama untuk data dari jenis yang berbeda. Sebagai contoh, ”penjualan bersih” bisa berarti komisi bersih untuk departemen pemasaran, tetapi retur penjualan kotor bagi departemen  akuntansi. Data yang terintegrasi mengatasi inkonsistensi dan menyediakan istilah yang  seragam di organisasi  keseluruhan,  juga  format waktu dan data yang bervariasi.

3.Time-variant

 

Data tidak menyediakan status saat ini. Mereka disimpan untuk lima atau sepuluh tahun atau lebih dan digunakan untuk tren, peramalan, dan perbandingan. Ada kualitas sementara pada sebuahdata warehouse. Waktu adalah dimensi penting yang harus didukung oleh semua data warehouse. Data untuk analisis dari berbagai sumber berisi berbagai poin waktu (misal harian, mingguan, bulanan).

 

4.Nonvolatile

 

Sekali dimasukkan ke dalam data warehouse, data adalahread only, mereka tidak bisa diubah atau dibarui. Data usang dibuang, dan perubahan direkam sebagaidatabaru.Inimemungkinkandatawarehouseuntuk disesuaikan hampir secara ekslusif untuk akses data. Sebagai contoh, sejumlah besar ruang kosong (untuk pertumbuhan data) umumnya tidak diperlukan dan reorganisasi database dapat dijadwalkan bersama dengan operasi pengisian sebuah data warehouse.

 

Datawarehouse sebenarnya dapat dianggap sebagai suatu salinan data transaksional/OLTP(Online Transaction Processing) yang terstruktur untuk kebutuhan analisis, reporting,dan data mining. Oleh karena itu, sistem transaksi tidak pernah mengupdate data yang berada di dalam data warehouse melainkan hanya menambahkan data ke dalam datawarehouse tersebut. Berikut ini pada tabel 2.1 memperlihatkan perbedaan sistem OLTP (Online Transaction Processing) dan sistem data warehouse. (Kadir, 2003, h.278).

 

Tabel 2.1 Perbedaan OLTP dan data warehouse OLTP

Kerangka Konseptual DW

Kerangka Konseptual Data Warehouse

Kerangka Konseptual DW 2


Published at :
Written By
Mediana Aryuni
Faculty Member | School of Information Systems sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close