People Innovation Excellence

Executive Information System di Kemenpora

Kementerian Pemuda dan Olahraga merupakan salah satu institusi besar yang ada pada pemerintahan Republik Indonesia. Sebagai sebuah institusi yang besar, sangat penting bagi para eksekutif di lingkungan kementerian pemuda dan olahraga untuk mengetahui datadata terkini tentang kepemudaan dan olahraga yang telah terangkum dengan baik. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, maka dikembangkanlah sebuah sistem informasi eksekutif yang dapat menyaring datadata penting, serta menampilkannya kedalam bentuk yang mudah dipahami oleh para eksekutif. Aplikasi sistem informasi eksekutif yang dikembangkan pada lingkungan kemenpora disediakan dalam dua versi:

1) Aplikasi berbasis web, yang dapat dijalankan dengan menggunakan browser biasa.
Capture3

Aplikasi berbasis web dipilih karena memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan aplikasi yang tidak berbasis web. Keunggulan-keunggulan aplikasi berbasis web adalah sebagai berikut ini:

    • Pengguna sistem hanya membutuhkan sebuah browser dan koneksi internet untuk dapat menggunakan sistem ini.
    • Data lebih up-to-date. Dengan data yang tersimpan secara terpusat pada server website, proses perbaharuan data lebih mudah dilakukan. selain itu, data yang di akses pengguna akan langsung di-update secara

2) Aplikasi mobile, yang dapat dijalankan dari perangkat mobile, seperti handphone ataupun smartphone.

Capture4

Selain itu, seiring perkembangan teknologi informasi, kini informasi tersebut tidak hanya dapat diakses melalui perangkat komputer tetap, seperti komputer desktop, tetapi juga dapat diakses melalui perangkat mobile. Perangkat mobile telah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang.

Aplikasi mobile pun berkembang dengan pesat. Aplikasi untuk perangkat mobile memiliki fitur dan fungsi yang unik, seperti mobilitas, fleksibilitas, kepribadian, dan mampu menyediakan nilai tambah pada pengguna, yang meliputi akses kapan saja dan dimana saja, memfasilitasi dan menunjukkan dengan tepat lokasi pengguna, dan fleksibilitas dalam mengatur tugas-tugas. Oleh karena itu, dibuatlah EIS untuk Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam bentuk aplikasi untuk perangkat mobile.

Capture5

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa EIS pada kemenpora terhubung ke dalam sebuah data warehouse yang merupakan kumpulan dari berbagai macam database, yang merupakan database dari bagian-bagian dalam Kemenpora. Masing-masing bagian memiliki hak penuh atas data yang terdapat dalam masing-masing database, artinya setiap bagian berhak menentukan bagian mana yang dapat di share kepada bagian lain ataupun tingkat diatasnya.

Datawarehouse selanjutnya akan menyaring dan meringkas data untuk di tampilkan pada aplikasi EIS. Aplikasi EIS pada Kemenpora merupakan alat bantu bagi pihak Eksekutif untuk dapat merumuskan keadaan yang terjadi di Lingkup Kemenpora sehingga akan mempermudah kerja pihak eksekutif dalam pengambilan keputusan atau Decision Support.

 


Published at :
Written By
Evaristus Didik
Faculty Member Structural | School of Information System sis.binud.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close