School of Information Systems

ERP Open Source Software : Opentaps

ketika memilih software ERP Open Source, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya: total biaya investasi, kelengkapan fitur, fleksibilitas untuk pengembangan, dukungan dari vendor, dan information availability. Pada artikel kali ini, akan membahas terkait software ERP Open Source yang bernama Opentaps.

Opentaps, merupakan aplikasi Open Source ERP dan CRM. Aplikasi ini berbasis web client sehingga memudahkan dalam menjalankan aplikasi. Opentaps dikembangkan oleh Si Chen dengan berbasiskan “Sequoia ERP” yang merupakan aplikasi ERP dari Aphace Foundation. Opentaps kependekan dari “open source enterprise applications suite”. Module yang terdapat dalam opentaps adalah : manufacturing, finance dan accounting, warehousing, CRM dan Bussiness Suite. Aplikasi ini dapat diinstall dengan mudah pada Windows maupun Linux.

Opentaps digunakan pada usaha kecil dan menengah untuk mengelola bisnis perusahaan atau organisasi secara lebih efektif. Saat ini, Opentaps mendukung fungsi-fungsi seperi eCommerce, Customer  Relationship Management, Warehouse and  Inventory Management , Supply Chan Management , dan  Financial Management to Business Intelligence dan mobility integration.

Penggunaan aplikasi Opentaps dapat mengakibatkan pengelolaan bisnis lebih cepat dan lebih baik, khususnya pada bagian customer  dan  sales , inventory , manufacturing, dan purchasing , serta  financial   dan reporting. Opentaps juga mendukung hampir semua DBMS seperti MySql, postgre, MS SQL Server dan Oracle. Opentaps dapat dengan mudah di integrasikan dengan aplikasi lain yang ada pada suatu perusahaan. Opentaps sepertinya lebih dikhususkan kepada bagian online webstore , sehingga mempermudah perusahaan yang ingin berjualan barang di internet Biaya lisensinya nol dan  tidak ada klausul timbal balik Aplikasi ini juga dapat dikembangkan secara independent oleh vendor pihak ke -3 atau integrator  Lebih dari 100 poin fungsi yang disertakan pada opentaps, sehingga mengurangi biaya kustomisasi yang dibutuhkan oleh implementasi perusahaan.

Fungsionalitas/modul yang dapat dilakukan masih tergolong fungsi-fungsi yang mudah dan ringan. Tampilan Opentaps juga butuh peningkatan. Opentaps membutuhkan effort yang lebih besar dalam hal menambahkan sebuah produk, terlalu banyak field yang harus di isi , tapi sebenarnya fieldnya tersebut belem tentu dibutuhkan. Opentaps tidak menyediakan model berbasis makro untuk menyederhanakan kode OFBIZ Java.

Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI