People Innovation Excellence

DECISION SUPPORT SYSTEM, DATAWAREHOUSE, DAN BUSINESS INTELLIGENCE

Apa itu Business Intelligence (BI)

 BI yang dapat menuntun kepada percepatan pengambilan keputusan (decision making) yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi (valid). 

Kenapa BI

Pengambilan keputusan memerlukan data dari sistem BI yang berasal dari kumpulan data faktual, data perencanaan ,maupun data prediksi yang diolah menjadi informasi yang komprehensif sehingga dapat memberikan gambaran akan kondisi bisnis dan organisasi pada masa lalu, masa kini dan trend masa depan.

Aspek Business Intelligence

Dibagi dalam dua aspek, yaitu :

  • Metode atau teknik dalam praktek mendefinisikan, mengumpulkan dan mempresentasikan data dan aturan bisnis yang terikat dengannya menjadi informasi strategis yang dapat dimengerti dengan mudah oleh berbagai level pelaku bisnis.
  • Kumpulan teknologi dan aplikasi system terkomputerisasi yang mendukung hal di atas.

 

Data Warehouse dan Business Intelligence

Sebagai solusi yang sangat bergantung pada data berkualitas tinggi, solusi BI akan menghasilkan informasi yang akurat jika sumber datanya baik dan akan menghasilkan informasi yang salah jika sebaliknya. Selain itu respon sistem BI juga harus baik sehingga dapat mencapai tujuannya dari sisi efisiensi waktu.

Kompleksitas yang biasanya terjadi adalah sumber data tersebar di berbagai titik dan pernah memiliki siklus pengembangan bertahap.  Konsekuensinya, isi data bisa berbeda pada tiap titik area fisik, dan pada tiap periode waktu siklus pengembangan. Data demikian hamper dipastikan perlu perlakuan tertentu agar seragam namun tetap valid.

Data Warehouse memenuhi kriteria tersebut, yaitu merupakan database tersendiri merupakan hasil konsolidasi, pembersihan, penyesuaian, dan optimalisasi data sehingga layak dijadikan sebagai sumber data informasi untuk sistem BI.

Digital Dashboard

Para eksekutif sangat berkepentingan dengangambaran kondisi bisnissecarakeseluruhan. Informasi ini dituntut untuk disajikan dalam format yang gampang dicerna. Dan ini biasanya dicapai olehsistem BI dengan penggunaan visualisasi berbagai chart dalam satu halaman presentasi.

Karena kondisi jenis informasi diadopsi oleh tipe chart yang berbeda-beda, maka biasanya visualisasi ini dikombinasikan sedemikian rupa sehingga menyerupai “dashboard” mobil dan disebut Digital Dashboard. Digital Dashboard adalah komponen penting yang tidak terpisahkan dari produk BI saat ini.

a2

Online Analytical Processing (OLAP)

Laporananalisishistorisdanperencanaanpadaranah BI dikenalsebagai Online Analytical Reporting (OLAP). Sistem OLAP merupakankomponen BI yang dirancanguntukdapatmenghasilkaninformasiuntuksatu proses bisnisdilihatdariberbagaiperspektif – dengandinamisdandalamwakturespon yang singkat.

a3

a4

Sistem transaksional ini kemudian diistilahkan dengan Online Transactional Processing (OLTP).Database OLAP ini biasanya memang berasal dari database OLTP. Database OLAP ini untuk hamper semua kasus adalah bagian dari Data Warehouse.

BI dan Decision Support System

Dari karakteristik pemanfaatan teknologi ini, sebenarnya sistem BI sudah dikenal sebelumnya dengan nama Decision Support System (DSS). Namun karena terkait dengan istilah dan komponen yang berkembang cukup banyak belakangan ini, maka dapat dimengerti untuk dibuat istilah baru agar tidak terjebak dalam batasan-batasan lama.

Source :http://www.kampusbi.com/artikel/apa-itu-business-intelligence


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close