School of Information Systems

Opportunity Career in E-Business

Ketika menghadapi semester 3 maka mahasiswa system informasi Binus University akan dihadapkan pada pilihan peminatan yang akan diambil nantinya. Diantara beberapa pilihan terdapat salah satu penjurusan yaitu E-business, pada artikel ini saya akan membahas kira kira apa saja bidang pekerjaan yang dapat diambil kedepannya.

Pada dasarnya peminatan E-Business akan membahasa web business solution diharapkan mahasiswa dapat mengidentifikasi web technology, e-Business design, serta hal – hal yang berkaitan tentang e-business. Kemudian pada saat mahasiswa akan mengambil peminatan e-Business makan akan muncul pertanyaan, Karir apa yang dapat saya ambil setelah mengambil peminatan ini ?

Secara garis besar lulusan e-Business dapat mengambil pekerjaan – pekerjaan seperi specialize in e-commerce, e-commerce market research, Web Design, Web Administrator, e-Business consultats, computer system analyst dan masih banyak lagi. Bidang-bidang pekerjaan itu sangatlah mungkin untuk mahasiswa peminatan e-Business untuk mengambilnya karena kalian akan sangat dibekali materi materi tentang e-Business. Selanjutnya kita akan membahas lebih dalam dari bidang pekerjaan yang sudah kita sebutkan di atas.

Specialize e-Commerce pada bidang pekerjaan ini anda akan mentranslete brick and mortar sales environment ke dalam sebuah website, dengan begitu anda harus menganalisakan sebuah proses business yang berjalan secara offline ke delam toko online. (Statistics, 2014)

Selain Specialize e-Commerce ada pula e-Business consultants secara garis besar sama dengan specialize e-Commerce namun e-Business consultants lebih berfokus pada pengoprasian dan kebutuhan technology bagi suatu bisnis dalam sebuah perusahan, e-Business consultant memiliki cakupan yang lebih luas mulai dari inventory control  hingga apa yang online customers butuhkan, dari website payscale.com rata rata gaji untuk e business consultant di United States sebesar $63,513 per tahun (Payscale, 2016) dan angka tersebut akan semakin bertambah sesuai dengan experience yang di miliki.

Web design menjadi salah satu bidang pekerjaan yang sedang diminati akhir akhir ini, seiiring bertambahnya jumlah transaksi masyarakat di dunia maya. Pada dasarnya seorang web deisgn akan membuat sebuah web page baik menggunakan technical maupun non technical skill untuk membuat sebuah website yang pas sesuai dengan kebutuhan customers. (prospects.ac.uk, 2016).

Jenis jenis pekerjaan yang dibahas di atas hanyalah beberapa dari jenis pekerjaan yang dapat di ambil lagi dari peminatan e-business. Jadi apabila anda memang berminat pada technology website serta prosess business yang menggunakan jaringan internet anda sangat tepat memilih peminatan e-business.

Referensi :

Payscale, 2016. payscale.com. [Online]
Available at: http://www.payscale.com/research/US/Job=eBusiness_Specialist/Salary

prospects.ac.uk, 2016. prospects.ac.uk/job-profiles/web-designer. [Online]
Available at: https://www.prospects.ac.uk/job-profiles/web-designer

Statistics, U. B. o. L., 2014. http://learn.org. [Online]
Available at: http://learn.org/articles/E-Commerce_Careers_What_Are_My_Job_Options.html

Agung Prasetyo