People Innovation Excellence

Lulus Jurusan Komputerisasi Akuntansi Jadi Apa yah?

Beberapa orang mungkin masih merasa asing ketika mendengar jurusan Komputerisasi Akuntansi. Jurusan ini biasanya berada dibawah Fakultas Ilmu Komputer, namun masih memiliki keterkaitan dengan konsep-konsep akuntansi.

Seiring berkembangnya teknologi informasi, tentu proses pembukuan, penyusunan laporan bulanan, dan hal lain dalam akuntansi yang dilakukan secara manual di perusahaan akan memakan waktu cukup banyak dan lebih rentan terhadap kesalahan. Dalam hal ini, ada berbagai macam program yang dapat digunakan dalam Komputerisasi Akuntansi, antara lain Microsoft Excel, MYOB, Zahir, dan masih banyak lagi software yang dapat dimanfaatkan dalam proses Komputerisasi Akuntansi. Pada prinsipnya, siklus akuntansi yang dilakukan secara manual sama dengan akuntansi yang terkomputerisasi, namun dapat diringkas, sehingga  menjadi lebih singkat karena beberapa proses pencatatan lain sudah dilakukan secara otomatis oleh komputer.  Oleh karena itu, memiliki keahlian profesional dalam bidang akuntansi dan keuangan berbasis ICT (Information and Communication Technology) merupakan sebuah modal sekaligus keunggulan besar yang dimiliki oleh para alumnus dari jurusan Komputerisasi Akuntansi.

Cukup banyak bidang pekerjaan yang bisa diambil oleh para alumnus jurusan Komputerisasi Akuntansi, antara lain :

  • Accounting Clerks

Posisi ini memiliki tanggung jawab dalam hal hutang  piutang perusahaan, tata buku, dan bertanggung jawab dalam pencatatan transaksi yang terjadi , serta melakukan penghitungan tingkat bunga. Biasanya, transaksi yang terjadi tinggal diinput ke dalam system yang sudah tersedia di dalam perusahaan. Pada prinsipnya, posisi ini bertanggung jawab atas proses pembukuan yang dilakukan, serta akun-akun yang dicatat pada setiap transaksi yang terjadi.

 

  • Accounting Receptionist

Posisi ini bisa ditempatkan dalam  kantor-kantor keuangan, jobdesk yang dimiliki antara lain menjawab telepon, menyambut klien yang dating, serta menjadwalkan pertemuan antara klien dan karyawan .

 

  • Financial Clerks

Bertugas dalam mengatur catatan keuangan, tagihan pelanggan, dan melengkapi transaksi keuangan. Selain itu, posisi ini juga bertanggung jawab dalam membuat laporan keuangan perusahaan, laporan perpajakan perusahaan, serta membuat anggaran, baik anggaran pendapatan maupun anggaran pengeluaran perusahaan secara periodik.

 

  • System Analyst

Posisi ini memiliki tanggung jawab dalam merancang sistem yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis. Dimulai dengan memahami apa yang menjadi permasalahan dan keperluan bisnis serta user, kemudian dilakukan analisa lebih lanjut untuk memulai perancangan sistem yang akan dikembangkan. Tidak jarang seorang system analyst merangkap sebagai seorang programmer yang juga membuat software sebagai bentuk dari sistem yang ia buat untuk menyelesaikan masalah bisnis tersebut.

Yang dituliskan di atas hanyalah sebagian dari sekian banyak jenjang karir yang dapat dijalani oleh lulusan Komputerisasi Akuntansi, masih banyak lagi bidang lainnya, seperti lecturer, project team leader, financial evaluator, dan lain-lain. Jadi, jangan ragu untuk mengambil jurusan Komputerisasi Akuntansi.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close