People Innovation Excellence

E-MONOGRAFI

Menurut kamus Bahasa Indonesia monografi adalah tulisan (karangan, uraian) mengenai satu bagian dari suatu ilmu atau mengenai suatu masalah tertentu. Dalam praktek monografi dikaitkan dengan data, khususnya data desa yang menggambarkan keadaan data itu. Dalam era pembangunan nasional, desa adalah lokasi terkecil dari objek pembangunan, sehingga hampir setiap hari para agen pembangunan menanyakan potensi desa yang akan dijadikan objek pembangunan.

2.jpg

Potensi desa yang biasa ditanyakan oleh petugas kecamatan maupun kabupaten umumnya ditulis pada papan tulis, dengan baris dan kolom data yang sudah baku, misalnya: kependudukan, pangan, ternak, KB, dan lain-lain. Setiap kali ada perubahan yang dilaporkan oleh perangkat desa yang biasanya terdiri dari kepala-kepala urusan, data kemudian dirubah dengan data yang baru. Sebagai contoh bila ada penduduk yang melaporkan kelahrian anaknya maka data penduduk dirubah, demikian pula dengan data penduk yang meninggal. Dibidang pertanian, akan dicatat juga luas sawah, luas tanam, dan luas panennya. Tentu lama kelamaan papan tulis ini akan penuh, sehingga ditambahkan lagi papan tulis yang lain, sehingga tidak heran kalau dinding-dinding dikantor kelurahan penuh dengan papan tulis yang berisi monografi. Secara formal monografi dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur pembangunan di desa. Papan ini menampilkan profil desa untuk menyajikan data dasar keluarga, potensi desa dan tingkat perkembangan desa, disesuaikan dengan Permendagri no.12 Thn. 2007. Memuat data administrasi pemerintahan desa secara menyeluruh, terpadu, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya yang meliputi data umum, data personal, data kewenangan, data keuangan dan data kelembagaan dalam rangka mewujudkan pemerintahan desa yang efektif dan efisien sesuai Permendagri No.13 Thn. 2012. Bagi para pengembang aplikasi komputer monografi merupakan peluang yang menraik dan dapat memberikan keuntungan finansial. Papan tulis diganti dengan papan elektronik didukung seperangkat komputer dan alat presentasinya. Gambar diatas adalah contoh monografi yang dapat diunduh dari website dan sudah dipasarkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close