People Innovation Excellence

Strategic intention

Adalah sebuah konsep yang mengambil dari visi dan misi perusahaan, apa yang diinginkan organisasi untuk kedepannya, definisi tujuan awal sebuah project. Secara garis besar adalah apa yang yang penting bagi perusahaan. Ada 4 element yang digunakan dalam strategic intention yaitu, purpose atau tujuan, strategy, values dan behavioiral standards. Dan juga beberapa hal yang terkait di dalamnya seperti : Produk/jasa perusahaan, Market, Teknologi, Objektif, Filosofi, Konsep, Public image.

Keperluan untuk mengases atau mengevaluasi misi(mission statement) telah menjadi masalah yang biasa dihadapi oleh management team dan konsultan.

Adapun kriteria untuk mengevaluasi mission statement yaitu:

  1. Haruslah jelas dan dapat dimengerti oleh semua bagian perusahaan.
  2. Penjelasannya sejelas dan sesering mungkin agar selalu tertanam.
  3. Secara jelas spesifikasinya, seperti diantaranya: What, apa yang dibutuhkan customer bukan apa yang dapat ditawarkan oleh perusahaan, Who, siapa customer yang ditargetkan oleh perusahaan,How, bagaimana rencana perusahaan untuk bisnis yang dijalankannya, Why, kenapa perusahaan dibangun. Apa yang menjadi tujuan awal dan apa yang menjadi tujuan atau goal kedepan.
  4. Identifikasi strategic vision perusahaan.
  5. Dapat direfleksikan.
  6. Memiliki jangkauan yang lebar agar fleksibilitas dapat masuk dan implementasi dapat menjadi unik.
  7. Menjadi sebuah “template” yang dapat digunakan oleh semua member dalam perusahaan.
  8. Memiliki values, beliefs dan filosofi dari operasi dalam organisasi.
  9. Harus dapat diraih, serealistis mungkin agar dapat dipercaya bahwa akan berhasil.
  10. Sebagai “rallying point” agar bisa membantu organisasi sebagai landasan.

Berdasarkan evaluasi tersebut dan mempertimbangkan hasil analisis faktor internal dan eksternal, maka dapat ditentukanlah intention yang menjadi arahan perusahaan dalam bisnisnya

Prosesnya dapat dibagi menjadi beberapa langkah, yaitu: Menetapkan parameter-parameter dasar, Mengumpulkan ide, Menetapkan batasan, Men-set prioritas dari tiap statement, Menegaskan tiap-tiap ide, Pengujian terhadap statement, Menetapkan tampilan dokumen, Mendapatkan persetujuan akhir manajemen.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close