People Innovation Excellence

Mind Renewing for IT User Acceptance to Increase The Organization’s Performance

Budaya  kerja yang telah ada menjadikan zona nyaman bagi user, dimana user menganggap tidak ada masalah atau tidak adahal yang perlu diperbaiki karena system sehari-hari sudah berjalan cukup baik dan mereka telah mengenal dan mengoperasikan system tersebut dengan cukup baik juga. Untuk itu dalam implementasi system akan diuji user acceptance terhadap system baru tersebut.

Salah satu contoh, dalam penerapan aplikasi Qlue sebagai sarana pengumpulan laporan oleh Ketua RT/RW Jakarta kepada Pemprov DKI Jakarta. Para Ketua RT/RW merasa metode melapor manual ke kantor perangkat pemerintah sudah berjalan baik, namun untuk meningkatkan efisiensi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memberlakukan pengiriman saran atau keluhan sebagai bentuk laporan menggunakan aplikasi Qlue. Namun hal ini menuai protes dari para Ketua RT/RW dimana mereka merasa belum memahami aplikasi Qlue yang terhubung langsung dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Untuk itu, pembaharuan dalam cara berpikir dalam pola kerja demi meningkatkan kinerja satu organisasi sangat penting. Dimana perlu adanya kesadaran untuk mengembangkan system lebih baik lagi untuk mencapai visi dan kemauan user untuk mempelajari hal-hal baru mengenai sebuah system yang diimplementasikan. Hal ini menjadi sangat penting untuk user mengetahui bahwa setiap fungsi-fungsi dalam IT system dirancang sedemikian rupa untuk mendukung kegiatan operasional mereka dan sebagai solusi untuk business problems, serta membawa organisasi mencapai tujuannya.

Referensi:

From Business Strategy To IT Action, Benson, Robert J et al.(2004).

https://m.tempo.co/read/news/2016/05/29/231774908/laporan-qlue-dipermasalahkan-ketua-rt-rw-ini-alasan-ahok


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close