School of Information Systems

Adopt Effective Process to Produce Action with NIE Practices Approach NIE 1: Perencanaan Strategis Terhadap Demand/Supply

Dalam perencanaan investasi informasi teknologi secara eksplisit jelas didorong oleh strategi bisnis dan permintaan bisnis itu sendiri. Karena perencanaan strategi IT tersusun oleh dua komponen utama yang berbeda, yakni:

  1. Merincikan permintaan (demand) untuk jasa SI/TI yang dihasilkan dari perencanaan strategi bisnis dan tujuan bisnis yang telah dibangun kemudian dirumuskan menjadi strategi kebutuhan akan SI/TI.
  2. Mendeskripsikan kebutuhan akan pengadaan SI/TI di masa depan dengan melihat dari agenda strategi perencanaan SI/TI.

Dengan digolongkan menjadi kedua golongan yang berbeda tersebut memungkinkan bisnis menejemen melihat lebih spesifik mengenai permintaan penempatan strategi SI/TI dan mengintegrasikan pemenuhan akan demand tersebut.

Output yang dihasilkan dengan pendekatan strategi perencanaan menggunakan NIE Practices 1: Demand/Supply dalam menjalankan prosesnya IT dan komponen lain perencanaan bisnis saling terkoneksi dan terintegrasi. Dan goals utama dengan pendekatan inipun akan tercapai, yakni perusahaan dapat meningkatkan perencanaan dan memberikan dampak kepada bottom-line dengan investasi IT tersebut.

Reference:

From Business Straegy to IT Action: Right Decisions for a Better Bottom Line

(Robert, Thomas, & William, 2004)