People Innovation Excellence

Manfaat ROI, BEP, NPV

Seperti yang kita ketahui, dalam menjalankan sebuah perusahaan, tidaklah berjalan mulus seperti yang kita harapkan. Maka dari itu, kita perlu melakukan beberapa perhitungan yang dapat membantu kita dalam membuat keputusan, berdasarkan modal dan cash flow perusahaan. Terdapat 3 macam perhitungan yang dapat digunakan yaitu:

1. Return On Investment

Berdasarkan salah satu dokumen di Academia.edu, pengertian dari ROI adalah sebagai salah satu bentuk profitabilitas untuk mengukur kemampuan perusahaan dengan keseluruhan modal yang ditanamkan, untuk menghasilkan keuntungan (Ruliarsa). Berdasarkan pengertian ROI, dapat dikatakan bahwa keuntungan yang dihasilkan sebuah perusahaan, berhubungan dengan jumlah keuntungan investasi yang akan dihasilkan. Berikut merupakan rumus menghitung ROI:

sdsBeberapa kegunaan menganalisis profitabilitas investasi menggunakan ROI:

  1. Dengan menggunakan teknik analisa ROI, perusahaan dapat mengukur efisiensi penggunaan modal, efisiensi produksi dan efisiensi bagian penjualan.
  2. ROI selain berguna untuk keperluan control, juga berguna untuk keperluan perencanaan. Misalnya, ROI dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan kalau perusahaan akan mengadakan expansi

2. Break Even Point (BEP)

Manfaat Break Even Point (BEP) yang dibahas berikut adalah untuk menghitung perkiraan kapan perusahaan akan mencapai titik dimana total pengeluaran sama dengan total keuntungan yang didapat (Hall, Google Books Result, 2012). Berikut merupakan contoh grafik yang mengambarkan titik BEP:

adasdBerdasarkan perhitungan dari rumus berikut, perusaan dapat mengestimasi waktu akan mencapai BEP, setelah tahun yang mengalami kerugian:

bep

Keterangan:

Nyncf adalah number of years of negative cash flow, yang berarti adalah BEP akan dihitung dari tahun setelah cash flow perusahaan mengalami kerugian.

3. Net Present Value (NPV)

Net Present Value (NPV) berguna untuk mengukur kemampuan dan peluang sebuah perusahaan dalam menjalankan investasinya sampai beberapa tahun yang akan datang, saat nilai mata uang berubah dan berdampak pada cash flow perusahaan.

Berikut merupakan langkah untuk menghitung NPV:

a. Pertama, hitung Present Value (PV) dari total pengeluaran per tahun dan Present Value (PV) dari total keuntungan per tahun.

pv b. Kedua, jumlahkan masing-masing Present Value (PV) total keuntungan dan Present Value (PV) total pengeluaran, lalu cari selisih antara jumlah keduanya.

npv

Investasi perusahaan yang memiliki positif NPV, berarti memiliki kemampuan secara financial untuk melanjutkan investasi tersebut (Hall, Google Books Result, 2012). Dari seluruh perhitungan yang telah dilakukan, lebih baik untuk mengambil keputusan berdasarkan NPV, karena keputusan tersebut adalah keputusan optimal bagi investasi perusahaan untuk tahun-tahun mendatang


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close