People Innovation Excellence
 

Domain Class Diagram

Pendahuluan: Apa itu UML ?

Unified Modeling Language (UML) adalah satu set standar bahasa dalam teknik diagram pengembang untuk object-oriented system development.

Class Diagram? Apakah itu?

Class diagram merupakan salah satu diagram utama dari UML untuk menggambarkan class atau blueprint object pada sebuah sistem. Analisis pembentukan class diagram merupakan aktivitas inti yang sangat mempengaruhi arsitektur piranti lunak yang dirancang hingga ke tahap pengkodean.

Domain Modelling? Apakah itu?

Domain Modelling merupakan teknik pengidentifikasian object-object pada kata benda yang terdapat pada daftar requirement yang diklasifikasikan pada area (domain) permasalahan yang sama untuk dijadikan candidate class pada class diagram.

Notasi Class Diagram

1

Hubungan antar class

Pada class diagram juga digambarkan bagaimana interaksi hubungan antar class dalam sebuah konstruksi piranti lunak seperti hubungan asosiasi, agregasi, komposisi, dan inheritance dan generalization

1. Asosiasi

Asosiasi, yaitu hubungan statis antar class. Umumnya menggambarkan class yang memiliki atribut berupa class lain, atau class yang harus mengetahui eksistensi class lain. Panah navigability menunjukkan arah query antar class.

2

Contoh:

3

Contoh diatas menunjukan domain model class yang simple dimana terdapat 3 class: Member, Sales Order, dan Product. Kita bisa lihat Member class dapat mempunyai minimal 1 dan maksimal banyak Sales Order class. Dan setiap Sales Order class dapat mempunyai minimal 1 dan maksimal 1 Member class. Sales Order class dapat mempunyai minimal 1 dan maksimal banyak Product class. Sedangkan Product class dapat mempunyai minimal 1 dan maksimal banyak Sales Order class.

Jika kita menemukan hubungan antar class seperti Sales Order dengan Product, yang disebut sebagai many-to-many asosiasi. Maka kita harus membuat Detail Class, seperti:

4Mengapa harus dibuat Detail Class? Apabila kita tidak membuat Detail Class maka pada table database tampilannya akan seperti:

5Pada ID Sales Order S002, Product dengan ID P002 dibeli dengan jumlah 2 buah. Tetapi pada table database, datanya tersimpan redudansi (double). Sehingga kita harus membuat Detail Class agar data tidak redudansi.

Sehingga Sales Order class mempunyai minimal 1 dan maksimal banyak Detail SO class. Dan Detail SO class hanya mempunyai 1 Sales Order class. Sedangkan, Product class mempunyai minimal 1 dan maksimal banyak Detail SO class. Dan Detail SO class hanya mempunyai 1 Product class.

Berikut ini tampilan table database pada Detail SO class:

6

Sehingga ID Sales Order dan ID Product pada Detail SO class akan sekaligus menjadi Primary Key dan Foreign Key. Dan terdapat atribut tambahan pada Detail SO class yaitu Quantity

2. Agregasi

Agregasi, yaitu hubungan antar class yang menyatakan hubungan “has-a.”

Contohnya: Mobil dengan kaca spion.

7Bila kita memodelkan sebuah mobil, maka dapat dikatakan bahwa mobil mempunyai kaca spion. Secara logis dapat dikatakan sebuah mobil dapat berfungsi walaupun tanpa kaca spion. Mobil dapat dipisahkan dari kaca spion

3. Komposisi

Komposisi, yaitu hubungan antar class yang menyatakan hubungan “part-of.”

Contohnya: Mobil dengan mesin

8

Bila kita memodelkan sebuah mobil, maka dapat dikatakan bahwa mesin adalah bagian dari mobil. Secara logis dapat dikatakan bahwa mobil tidak dapat dipisahkan dari mesin. Bila mesin tidak ada disebuah mobil maka mobil itu tidak berfungsi sebagai mobil.

4. Inheritance dan Generalization

Inheritance adalah hubungan hirarkis antar classClass dapat diturunkan dari class lain dan mewarisi semua atribut dan metoda class asalnya dan menambahkan fungsionalitas baru, sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya. Kebalikan dari pewarisan adalah generalisasi.

.9

References

John W. Satzinger, R. B. (2012). Systems Analysis and Design in a Changing World. Joe Sabatino.

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close