People Innovation Excellence
 

Lulus Jurusan Sistem Informasi jadi apa yah ?

Jurusan Sistem Informasi, beberapa orang mungkin masih bingung soal jurusan ini. Jurusan yang biasanya berada di bawah Fakultas Ilmu Komputer tapi ada hubungannya dengan bisnis. Terkenal juga sebagai penghubung antara dunia bisnis dengan dunia teknologi.

Sebenarnya konsep Sistem Informasi itu cukup sederhana, sebuah sistem yang mengolah data mentah menjadi informasi yang berguna. Informasi yang nampaknya sederhana menjadi sesuatu yang penting dalam aktivitas bisnis, berguna sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan dan juga menyimpan kebutuhan-kebutuhan pengetahuan demi berjalannya proses bisnis. Karena perkembangan jaman dan tuntutan dunia yang semakin cepat, maka sistem informasi perlu didukung dengan teknologi. Kuliah sistem informasi mengajarkan kita untuk mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi dengan teknologi, bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mengolah informasi dari data yang besar, banyak, dan dengan proses yang cepat.

Saat menjalani kuliah sistem informasi, pasti kita akan belajar sebagian pelajaran tentang bisnis, sebagian pelajaran tentang pengembangan sistem, sebagian pelajaran tentang komunikasi, dan tidak lupa sebagian pelajaran teknis sebagai bekal agar kita juga mengerti batas kemampuan dari sebuah rancangan sistem yang kita rencanakan. Nah, kalau udah menjalani kuliah dan dibekali dengan ilmu-ilmu yang didapat dari dosen, kakak kelas, atau bahkan mungkin teman-teman seperjuangan tentunya kita ingin tau pasti sebenarnya dengan jurusan ini, kita punya kesempatan kerja di bidang apa aja, bias kerja sebagai apa, dan bagaimana prospek bidang pekerjaan kita ke depannya.

Bidang pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan jurusan sistem informasi cukup banyak, beberapa contohnya

1. System Analyst

Kurang lebih kerjanya seperti saat kuliah, merancang sistem yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis. Pekerjaannya dimulai dengan menganalisa kebutuhan bisnis dan user, yang kemudian akan digunakan untuk merancang sebuah sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan oleh developer team yang ada yang biasanya terdiri dari para programmer. Terkadang, seorang system analyst juga bisa merangkap sebagai programmer, bisa juga disebut programmer-analyst.

2. Programmer

Dengan bekal pengetahuan dasar programming yang didapat saat perkuliahan, tidak menutup kemungkinan kalau lulusan sistem informasi bisa belajar dan terus berlatih untuk jadi seorang programmer yang handal.

3. Database Administrator

Untuk yang tertarik dengan bidang database, bisa juga menjadi seorang database administrator yang bertanggung jawab dalam manajemen database dalam sebuah organisasi. DBA perlu menjaga performa, integritas, dan keamanan dari database yang ada.

4. IT Auditor

Kurang lebih pekerjaannya adalah memastikan semua risiko sudah diantisipasi oleh penggunaan kontrol secara efektif dalam sistem yang berjalan di perusahaan. Memastikan sistem berjalan tanpa gangguan, memberikan hasil yang sesuai dan benar, dan juga memastikan sistem memenuhi kebutuhan dari user atau si pengguna sistem itu sendiri.

5. Information System Manager

Bertanggung jawab penuh atas sistem yang berjalan untuk mendukung proses bisnis sebuah perusahaan, pekerjaannya tergantung dengan bidang perusahaan tempat bekerja tetapi kurang lebih harus mengerti sistem luar dalam dengan baik untuk menjadi seorang information system manager.

6. Consultant

Dalam pengembangan sebuah sistem atau mungkin implementasi, terkadang perusahaan membutuhkan pandangan dari seorang expert atau orang luar untuk memberikan masukkan dan inovasi untuk perbaikan. Consultant bertugas untuk memberikan pendapat atas hal tersebut, membantu tim pengembang dan sekaligus menjadi pengawas dalam proyek berjalan.

7. CEO

Jika merasa kurang berminat untuk bekerja di perusahaan, bahkan lulusan sistem informasi bisa mencoba menjadi CEO dari perusahaan sendiri, dengan bekal pengetahuan bisnis dan sistem dapat muncul inovasi-inovasi yang dikembangkan dalam bentuk sebuah start-up.

Yang disebutkan diatas baru sebagian dari pekerjaan yang bisa dijalani oleh lulusan jurusan sistem informasi, masih banyak bidang lain seperti menjadi seorang trainer, network engineer, IT support officer, dan lain-lain. Jadi tidak perlu takut untuk mengambil jurusan sistem informasi, kalau memang berminat kenapa tidak ?

Referensi :

AGCAS editors. (2015, December). what-can-i-do-with-my-degree/information-systems. Retrieved May 2016, from www.prospects.ac.uk: https://www.prospects.ac.uk/careers-advice/what-can-i-do-with-my-degree/information-systems

David T. Bourgeois, P. (2014). Information Systems for Business and Beyond. Published through the Open Textbook Challenge by the Saylor Academy.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close