People Innovation Excellence
 

Analisis Lingkungan Eksternal SI/TI Organisasi

Tools and Framework John Ward

Analisis Lingkungan Eksternal SI/TI Organisasi

Analisis lingkungan eksternal SI/TI berguna untuk mengetahui perkembangan teknologi dalam organisasi dan menelaah teknologi tersebut guna dimanfaatkan dalam  mendukung strategis bisnisnya di saat yang akan datang. Ada beberapa proses yang dilakukan guna mengetahui perkembangan teknologi dalam organisasi yaitu: (1) mengetahui perkembangan teknologi dalam organisasi; (2) mengetahui peluang keunggulan kompetitif terhadap pesaing.

Proses-proses ini lebih detail dijelaskan pada subbab berikut ini, yaitu: (1) mengetahui perkembangan teknologi dalam organisasi, untuk mengetahui perkembangan teknologi dalam mendukung organisasi (perguruan tinggi), dilakukan pendataan teknologi yang digunakan saat ini, kemudian dikelompokkan berdasarkan fungsi bisnis organisasi, mencari dampak positif atau dampak negatif dalam menggunakan SI/ TI tersebut serta mengevaluasi dengan sumber daya SI/TI yang ada. Hasil dari proses ini didapatkan daftar SI/TI yang digunakan saat ini dalam organisasi. (2) mengetahui peluang keunggulan kompetitif terhadap pesaing.

Konsep strategis option generator dapat digunakan dalam melakukan analisis peluang keunggulan kompetitif pada pemanfaatan teknologi yang ada. Konsep tersebut dilakukan secara bottom up, yaitu: (1) tentukan teknologi/ teknik/prosedur yang akan digunakan; (2) tentukan arah penggunaannya, yakni manajemen harus menyediakansaja atau juga membantu penggunaannya; (3) tentukan modus strategi penggunaan secara ofensif atau defensif; (4) berdasarkan jawaban pertanyaan (2) dan (3) tersebut maka kesimpulan keunggulan kompetitif yang mungkin didapatkan, apakah diferensiasi, biaya, inovasi, pertumbuhan, atau aliansi?; (5) tentukan pengguna akhirnya; (6) membuat prioritas usulan pemanfaatan. Hasil dari analisis tersebut berupa daftar rincian keunggulan kompetitif teknologi dan daftar prioritas pemanfaatan teknologi

Analisis Lingkungan Internal SI/TI Organisasi

Analisis lingkungan internal SI/TI mencakup seluruh sumber daya SI/TI dalam organisasi. Sumber daya yang dimaksud adalah seluruh sistem, teknologi, dan manajemen informasi yang ada dan dimanfaatkan oleh organisasi untuk keperluan bisnis dan teknis. Analisis lingkungan bisnis ini merupakan kegiatan untuk mengetahui posisi, keadaan dan kekuatan SI/TI organisasi. Ketiga hal tersebut menjadi patokan dan pertimbangan melakukan renstra guna pemanfaatan SI/ TI bagi organisasi di saat mendatang.

Menentukan Target Bagi SI/TI

Kegiatan tahap ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan peluang pemanfaatan SI/TI yang terjadi dalam memenuhi kebutuhan strategi bisnis baik secara internal maupun eksternal, menganalisis gap kebutuhan informasi, membuat landasan kebijakan strategi SI/TI terhadap organisasi secara keseluruhan, membuat strategi SI/TI. hasil identifikasi. Hasil dari kegiatan ini adalah identifikasi peluang pemanfaatan SI pada pemasok, konsumen, pesaing, pemain baru, pemain pengganti, Komponen Value Chain dan Analisis SWOTnya.

Analisis Gap Kebutuhan Informasi

Analisis Gap bertujuan untuk mencari pemenuhan informasi bisnis mendatang berdasarkan kebutuhan informasi bisnis mendatang dan kemampuan sumber daya SI/TI organisasi saat ini. Kebutuhan informasi yang belum dapat dipenuhi saat ini ataupun yang perlu ditingkatkan kualitasnya merupakan target utama bagi kegiatan Perencanaan Strategis SI/TI untuk dicarikan pemenuhannya. Adapun proses-proses yang dilakukan dalam tahap ini adalah sebagai berikut: menentukan peluang keunggulan kompetitif dari strategi SI/TI, menentukan kebijakan/perangkat untuk menyeleksi strategi SI/TI, dan menentukan kebijakan investasi pada bidang SI/TI.

Referensi

Earl, M. J. (1996). Management Strategies for Information Technology (1st ed.). Prentice Hall.

Pant, S., & Hsu, C. (1995). Strategic Information Systems Planning: A Review., 1995 Information Resources Management      Association International Conference, May 21-24, Atlanta, Georgia .

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. The Free Press.

Ward, J., & Preppar, J. (2002). Strategic Planning for Information System (2nd ed.). John Wiley & Sons.

 


Published at : Updated
Written By
Anonymous
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close