People Innovation Excellence
 

Information System Enabler

Information System (IS) bisa menjadi enabler dalam mencapai business goals. Berikut ini sedikit uraian dan pendapat saya yang saya dapat dari referensi di atas.

  1. Menggunakan Information System bukan teknologi sebagai enabler
    Teknologi bisa digunakan sebagai ‘enabler’, yang menyediakan keuntungan jangka pendek dan kesempatan untuk mengembangkan sistem baru. Namun, biasanya, pesaing akan dapat membeli teknologi yang sama, dan setiap keuntungan bisa segera ditiadakan. Karena teknologi baru saja tidak cukup, sistem informasi baru yang dikembangkan, memanfaatkan teknologi, sehingga dapat memberikan nilai kompetitif yang lebih tinggi. Potensi keuntungan akan tergantung pada seberapa baik dan eksklusif sistem informasi yang baru bisa mengubah proses bisnis yang lebih baik.
  2. IS sebagai enabler untuk membuka bisnis baru
    IS juga bisa menjadi enabler strategi bisnis baru, strategi yang tidak mungkin tanpa penerapan IT. Sukses dalam mengelola IS akan memaksimalkan pengembalian uang yang diinvestasikan dalam memperoleh, mengolah dan menggunakan informasi dalam suatu organisasi, dan memungkinkan penggunaan strategis baik untuk mendapatkan keunggulan kompetitif atau untuk mengurangi ancaman kompetitif.
  3. Bagaimana proses bisnis diubah menggunakan IT? Dan bagaimana IT dapat mendukung proses bisnis?
    Perubahan proses bisnis adalah perubahan praktek kerja, proses yang akan menyebabkan bermanfaat agar perusahaan lebih efisien, produktif dan melayani pelanggan dengan lebih baik. Perubahan proses bisnis biasanya tidak dapat dilakukan tanpa memiliki sistem yang baru yang lebih baik menggunakan IS.
  4. IS sebagai enabler untuk perubahan
    IS adalah salah satu enabler perubahan, dewasa ini perubahan tidak dapat dilakukan tanpa sistem yang berbasis IS. Sehingga TI dipandang sebagai bagian integral dari bisnis dan kontributor utama kinerja bisnis.
  5. IS sebagai enablers untuk aplikasi yang spesifik
    Beberapa bisnis usaha terutama yang berbasis internet, membutuhkan IS sebagai enabler utama. Misalnya sistem e-commerce untuk perusahaan yang ingin berjualan di internet. Bahkan IS menjadi modal utama dalam hal ini.

Contoh IS sebagai enablers untuk mencapai business goals

  • Sistem Customer Relationship management (CRM) – hanya bisa dilakukan secara efektif jika perusahaan memiliki sistem IS yang menunjang seperti sistem call center, customer database, help desk, dsb.
  • Perusahaan yang berbasis internet seperti amazon, ebay, google, facebook membutuhkan sistem IS sebagai modal utama menjalankan bisnis
  • Perusahaan Dell computer, mendapatkan perbedaan kompetitif karena menggunakan sistem IS yang memungkinkan pelanggan memilih sendiri komponen yang diinginkan untuk langsung di produksi dan dikirim ke alamat pelanggan dengan biaya yang lebih murah dari competitor.
  • Perusahaan sering kali mengimplementasikan paket ERP dari vendor seperti SAP, Baan, Oracle atau JD Edwards untuk mendapatkan tingkat compliance dan rating finansial yang lebih baik.
  • Sistem reservasi SABRE di American Airlines menjadi sistem IS satu-satunya untuk melakukan reservasi. Tanpa sistem IS ini perusahaan tidak bisa beroperasi.
  • Merrill Lynch meluncurkan sistem cash-manajemen yang mengkombinasikan produk perbankan tradisional terpisah seperti jalur kredit, cek, investasi dan akun ekuitas ke dalam laporan bulanan tunggal, dengan dana menganggur yang mendapatkan secara otomatis Bungan yang lebih tinggi. Sistem ini menarik asset sebesar US $ 1 miliar dpada tahun pertama.

Published at : Updated
Written By
Anonymous
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close