People Innovation Excellence

Framework EA Zachman

Framework ISA Zachman (1987 dan 1992) didasari bahwa kebutuhan pemrosesan data dari banyak pelanggan menjadi lebih kompleks. Frameworknya menunjukkan sistem informasi dari beberapa sudut pandang yang menjalankan kompleksitas dan mempromosikan perencanaan, perancangan, dan manajemen konfigurasi. Zachman ISA framework merupakan skema dengan baris dan kolom. Framework Zachman yang terdiri dari 6 baris dan 6 kolom sehingga memiliki 36 sel dalam frameworknya.

Berikut framework dari ISA Zachman:

framework_zachman
Karakteristik Zachman Framework:

  1. Mengkategorikan deliverables dari EA
  2. Kegunaan EA yang terbatas
  3. Banyak diadopsi di seluruh dunia
  4. Perspektif view yang kurang menyeluruh
  5. Merupakan tool untuk perencanaan

Framework Zachman dapat menyediakan cara untuk memandang dan mendefinisikan sebuah enterprise architecture secara formal dan terstruktur dengan baik. Framework ini terdiri atas matriks klasifikasi dua dimensi yang dibangun dari kombinasi beberapa pertanyaan umum yaitu What, Where, When, Why, Who dan How. Framework Zachman adalah salah satu dari teori model enterprise architecture e-commerce yang dapat digunakan untuk menggambarkan Enterprise Architecture sepenuhnya.


Published at :
Written By
Anonymous
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close