People Innovation Excellence
 

OPEN SOURCE ERP : SOLUSI LAIN YANG MENDUKUNG BISNIS PERUSAHAAN (Part 2)

Setelah melihat ERP open source yang cukup populer pasti akan banyak yang bertanya berapa persen market share untuk ERP open source berbanding ERP yang berbayar. Menurut Allison Diana ? socialerp.com disebutkan bahwa ?Para ahli memperkirakan sebanyak 10% sampai 18% dari bisnis menggunakan open source sebagai solusi ERP mereka, dimana jumlah ini bernilai setara dengan 50 juta dollar dalam ERP market share? sedangkan dikutip dari forbes yang dipublikasi pada 5 Mei 2014 yang menyebutkan bahwa ERP secara keseluruhan (baik yang berbayar ataupun yang tidak berbayar) mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

1

Terlihat bahwa ERP open source memiliki kemampuan untuk menembus pasar dan pertumbuhan ini diprediksi oleh Gartner akan mengalami kenaikan signifikan untuk 5 tahun mendatang.

 

 

Apa pertimbangan perusahaan dalam menggunakan ERP open source ?

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah apakah ada pertimbangan khusus mengapa perusahaan menggunakan ERP open source untuk mendukung kebutuhan bisnis dan proses bisnis perusahaan. Menurut Dinesh & Vetrivel, disebutkan bahwa terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan ERP open source yaitu :

  • Pengguna ERP open source tidak perlu khawatir dengan biaya lisensi
  • Dengan dukungan dari komunitas yang besar dari para pengembang, open source hadir dengan fitur yang jauh lebih user friendly.
  • Kualitas pengembang yang baik, karena umumnya software mudah untuk dipahami serta mudah untuk maintain.
  • Mudah untuk diimplikasikan kedalam platform infrastruktur cloud.

Kutipan lain menyebutkan bahwa ERP open source pada dasarnya merupakan software gratis dengan kemudahan akses untuk kode program dan semua perubahannya terdokumentasi dan pada banyak kasus pengembang ERP open source berasal dari profesional. (Allison Diana)

 

Apakah semua industri cocok menggunakan ERP open source ?

Dengan kemudahan yang didapat apakah memang semua industri cocok menggunakan ERP open source ? Saat ini sudah banyak perusahaan IT konsultan professional yang memanfaatkan ERP open source untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan bisnis diberbagai bidang industri :2

 

Selain itu mengutip dari erpsoftware360.com, ternyata ERP open source diklaim mampu untuk memenuhi kebutuhan perusahaan diberbagai segmen dengan karakteristik ERP open source yang berbeda pada setiap segmennya :

3

 

Dengan gambaran diatas jelas bahwa ternyata ERP open source ternyata mampu memenuhi kebutuhan bagi setiap segmen bisnis. Penelitian membuktikan bahwa membeli ERP software mungkin menjanjikan untuk memberikan solusi teknologi terbaru serta menghindarkan perusahaan dari resiko perbaikan dan pengembangan yang memakan waktu lama, namun sebaliknya ERP software pada kenyataannya relatif mahal dan cukup banyak perusahaan sulit untuk menyesuaikan sehingga perlu dilakukan perubahan yang mana memakan biaya serta memerlukan waktu pengerjaan yang tidak singkat. Selain itu juga yang harus diperhatikan ERP software juga membutuhkan biaya lisensi dimuka yang secara signifikan cukup mahal, serta perpanjangan rutin setiap tahunnya. Oleh karena itu banyak perusahaan mulai mencoba menggunakan ERP open source dalam bisnis perusahaan selain fleksibel

Referensi :


Published at : Updated
Written By
Ratna Sari
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close