People Innovation Excellence
 

OPEN SOURCE ERP : SOLUSI LAIN YANG MENDUKUNG BISNIS PERUSAHAAN (Part 1)

Istilah open source menjadi trend belakangan ini. Banyak perusahaan mulai melirik dan bahkan menggunakan open source karena dianggap mudah diakses serta tidak berbayar. Setelah menjadi trend kurang lebih 20 tahun sampai sekarang ini diketahui banyak perusahaan yang mulai menggunakan ERP open source untuk mendukung kegiatan operasional bisnis mereka mengapa demikian, berikut adalah beberapa ulasan yang mendukung ERP open source sebagai solusi lain yang mampu mendukung bisnis perusahaan.

Mengapa open source ERP ?

Dikutip dari songkar13.blogspot.com, ERP open source menjadi terkenal karena berbiaya rendah, memiliki fitur yang cukup lengkap serta kemudahan untuk melakukan pengembangan dimana memungkinkan banyak pihak yang terlibat dalam melakukan perbaikan terhadap bug dan kelemahan lainnya. ERP open source mudah untuk selalu dikembangkan karena kode program yang memang dapat di akses secara penuh. Selain daripada itu open source membawa alternatif yang membahas masalah utama software sebuah perusahaan Sehingga perusahaan dapat mencobanya secara gratis meski sekedar untuk melihat apakah memang sesuai dengan kebutuhan serta tidak ada risiko terhadap biaya lisensi ataupun kontrak / perjanjian penggunaan software.

Dalam kurun 5 tahun terakhir ini setidaknya terdapat 5 aplikasi yang menjadi leader dari ERP open source yang banyak digunakan yaitu :

1 Openbravomenawarkan model berlangganan yang fleksibel.Hal ini juga menyediakan solusi komprehensif untuk pengguna di berbagai industri, yang dulunya merupakan alasan utama pengguna menyerah untuk menggunakan solusi ERP open source.Dukungan yang komprehensif diberikan Openbravo kepada industri seperti : otomotif, pakaian dan tekstil, kimia, komunikasi dan teknologi tinggi, makanan dan minuman, pengiriman dan logistik, pendidikan dan penelitian, ritel, medis dan kesehatan, partai besar dan distribusi, dan industri hiburan.
2 Compiere dikenal sebagai pelopor ERP open source, Compiere juga masih mendominasi beberapa proyek besar di pasar ERP, hal ini dikarenakan Compiere merupakan pioner yang memiliki kematangan tinggi dibanding pesaing pesaingnya, namun karena langkah-langkah komersialisasi yang diambil Compiere membuatnya banyak ditinggalkan oleh perusahaan kelas SME (Small Medium Entrprise)
3 OpenERP cukup berkembang saat ini karena mendapat dukungan fitur yang lengkap serta support yang baik membuatOpenERP menjadi salah satu solusi ERP open source terkemuka. Namun dorongan ini sayangnya belum diimbangi dengan tumbuhnya komunitas pengguna OpenERP.
4 ADempiere, merupakan satu satunya solusi ERP open source yang masih menjadi pilihan utama bagi perusahaan SME (Small Medium Enterprise), biaya investasi yang murah, fitur yang lengkap serta besarnya komunitas menjadi faktor kekuatan utama ADempiere. ADempiere juga merupakan salah satu solusi ERP open source yang memiliki pengguna terbesar termasuk di Indonesia.
5 Opentaps merupakan salah satu solusi ERP open source yang memiliki perkembangan cukup siginifikan. Opentapsmenawarkan dukungan fitur yang lengkap serta dapat mengakomodir berbagai kebutuhan industri, mulai dari trading, manufaktur, retail, penyedia jasa dan lain lain.

Source : http://blog.alphamedia.co.id/2011/07/opensource-erp-terbaik-2011.html

Referensi :


Published at : Updated
Written By
Ratna Sari
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close