People Innovation Excellence

Peran IT untuk Meningkatkan Kinerja Dosen

Dunia pendidikan adalah dunia yang sangat penting dalam masyarakat. Seluruh golongan masyarakat membutuhkan kualitas pendidikan yang baik dan mengikuti perkembangan zaman. Teknologi memegang peranan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dari sisi pengajaran, hal ini karena Teknologi Informasi digunakan sebagai alat bantu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Kenyataan ini terjadi karena pada saat ini para instruktur di berbagai belahan dunia telah dan terus menerus mengaplikasikan penggunaan Teknologi Informasi sebagai bagian integral alins dan alongins di dunia pendidikan. Penggunaan Teknologi Informasi ini telah dikemas dalam kurikulum pendidikan sehingga dalam prakteknya harus dilaksanakan. Alasan utama mengapa Teknologi Informasi digunakan sebagai alat bantu belajar mengajar karena kemampuannya untuk dapat menyajikan visualisasi dan grafis bahkan menjembatani komunikasi antara komponen pendidikan secara efektif dan efisien baik didalam maupun diluar kelas, tanpa ada batasan ruang dan waktu (Roisnahrudin, 2008; Academy, 2012)

Dosen memiliki peran yang sangat penting dalam mengadopsi dan mengimplementasikan penggunaan teknologi dan informasi karena mereka adalah kunci agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Selain itu, perubahan paradigma pendidikan juga menuntut dosen untuk lebih kreatif dan inovatif menemukan metode, materi dan cara penyajiannyasehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan meyenangkan (Ramaswati Purnawan, 2011). Sayangnya, cukup banyak dosen-dosen yang belum memanfaatkan penggunaan Teknologi Informasi dalam proses belajar mengajar secara optimal dan lebih memilih menggunakan metode konvensional dalam mengajar, misalnya hanya berdasarkan buku cetak dan slide presentasi saja.

Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini disusun untuk mengetahui lebih dalam mengenai persepsi dosen terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung kinerja mereka dan kami akan merekomendasikan penggunaan Teknologi Informasi secara optimal bagi para dosen. Dengan pemanfaatan Teknologi Informasi yang optimal, proses belajar mengajar akan menjadi semakin efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan perkuliahan.


Published at :
Written By
Marisa Karsen, Siswono, Widianty
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close