People Innovation Excellence

Variabel Audience Profile dalam men-desain Web

Mendesain Web untuk kepentingan pelanggan, berbeda dengan mendesain untuk keperluan lainnya. Tujuan desain web demikian tentunya untuk menarik minat, memberikan informasi sejelas mungkin untuk pelanggan bahkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Agar desain web ini menarik untuk pemakai atau pelanggan, maka desainer harus memahami pemakai(audiencenya). Berikut adalah elemen Audience Profile, yang dimulai dari menentukan segmentasi konsumen yang akan menjadi target. Perlu juga membuat matriks positioning untuk mempermudah melihat lebih jauh target konsumen yang ingin dicapai.
Beberapa segmentasi konsumen yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Demografis
Pembagian konsumen berdasarkan segala penampakan fisik atau terukur kuantitatif, meliputi: gender, usia, latar belakang pendidikan, strata ekonomi, status pernikahan, dsb.

2. Geografis
Pembagian konsumen berdasarkan posisi geologis. Ini menentukan daerah distribusi mana saja yang menjadi lingkup layanan atau fokus kita.

3. Psikografis
Pembagian konsumen berdasarkan pandangan dan alam bawah sadar mereka yang umumnya terbentuk dari pola asuh serta lingkungannya. Misalnya tingkat kenarsisan atau penting tidaknya nilai penampilan bagi seseorang akan membedakan cara mereka dalam membuat keputusan pembelanjaan. Bagi kaum metroseksual misalnya, produk perawatan wajah merupakan hal esensial, yang bagi kelompok sub-urban mungkin adalah kebutuhan tersier.

4. Behavioral
Pembagian konsumen berdasarkan kebiasaan yang telah terbentuk dari minat dan metode berulang dalam mengerjakan suatu aktifitas. Misalnya apa yang membedakan antara kelompok penggemar otomotif/modifikasi dan kelompok pengguna kendaraan bermotor umum dalam mengambil keputusan saat berbelanja mobil bekas.

Hanya dengan menentukan profil audiens secara rinci, maka desainer dapat membuat berbagai strategi produk/layanan, promosi, fitur yang tepat sasaran untuk menarik minat mereka. Sebagai satu contoh, adalah desainer www.bhineka.com , melihat karakteristik auidiens web perusahaan tersebut adalah
– mengetahui teknologi
– memiliki konektifitas internet
– memiliki pengetahuan terhadap online payment
– sangat peka terhadap update terbaru akan produk2 yang ada
– sangat menyukai apa yang sedang menjadi trending product dipasaran

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah “digital adoption”. Digital adoption merupakan mixing antara demografis (tingkat pendidikan dan umur) serta behavior yang didukung geografis. Hal ini tercermin dalam penelitian dari McKinsey yang berjudul iConsumers: Life Online.(DICKY FIRMANSYAH)


Published at :
Written By
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close