People Innovation Excellence

Bagaimanakah Mengembangkan IT-Plan dengan Enterprise Architecture ?

Beberapa langkah untuk mengembangkan skenario masa mendatang untuk sebuah enterprise dan terdiri dari gambaran tentang proses, faktor manusia, dan teknologi, adalah sebagai berikut (Bernard, 2005) :

  1. Menetapkan misi serta visi yang menjelaskan dengan singkat tujuan dan arah dalam suatu Enterprise.
  2. Mengembangkan pernyataan arah strategis (Statement of Strategic Direction) yang sesuai dengan tujuan perusahaan, menjamin perusahaan agar dapat bertahan, memungkinkan untuk fleksibilitas, dan mempromosikan keberhasilan kompetitif.
  3. Meringkas hasil analisis SWOT yang merupakan dasar dari pernyataan arah strategis dan dasar dari identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan.
  4. Meringkas situasi dan asumsi rencana untuk beberapa “Concept of Operations” CONOPS Scenarios yang mendukung arah strategi perusahaan. Ringkasan ini harus mencakup satu skenario saat ini yang menggambarkan koordinasi kegiatan tingkat tinggi yang sedang berlangsung disetiap baris bisnis, serta beberapa skenario laporan massa depan dari kombinasi yang berbeda dari driver internal dan eksternal yang diidentifikasi melalui analisis SWOT.
  5. Mengembangkan sebuah Grafik CONOPS bahwa dalam menangkap gambar tunggal esensi dari dan partisipasi didalam skenario operasi saat ini.
  6. Mengembangkan strategi kompetitif umum (General Competitive Strategy) untuk perusahaan dalam mempersatukan skenario CONOPS saat ini dan masa depan dan perusahaan bergerak dalam arah strategis yang dimaksudkan dan menjelaskan faktor internal dan eksternal seperti Line of Business, persyaratan bisnis, kondisi pasar, strategi pesaing dan resiko.
  7. Mengidentifikasi tujuan strategi (Strategic Goals) yang akan menyelesaikan strategi pesaing dan menetapkan sponsor eksekutif yang bertanggung jawab untuk masing – masing tujuan.
  8. Mengidentifikasi inisiatif strategi (Strategic Initiatives) dan sumberdaya sponsor untuk inisiatif, yang merupakan program yang sedang berlangsung atau proyek pembangunan yang akan mencapai setiap tujuan strategis.
  9. Meringkas ukuran hasil (Outcome Measure) untuk setiap tujuan strategis dan inisiatif (Goals and Initiatives) menggunakan Balanced Scorecard.

Published at :
Written By
Neneng Sopyan
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close