People Innovation Excellence

What Are the Benefits of Having a Management Information System Infrastracture in an Organization?

Organisasi sering fokus pada menyelaraskan sistem informasi manajemen dengan tujuan bisnis. Mereka mengumpulkan, memproses dan menyimpan data dan kemudian menggunakan informasi ini untuk melaporkan dan mengelola operasi. Sebuah sistem informasi manajemen yang layak menentukan hubungan kritis dan menghubungkan infrastruktur, orang, budaya dan kemajuan. Ini menyediakan kerangka kerja untuk mengevaluasi organisasi dan memberikan banyak manfaat.

Dukungan Pengambilan Keputusan. Sistem informasi manajemen yang handal sangat penting, karena keputusan-keputusan manajemen berbasis pada informasi yang tersedia. Sebuah sistem informasi manajemen menetapkan dasar untuk membuat keputusan konkret. Menggunakan alat yang sistematis, peraturan manajerial dan kebijakan dan data yang tepat waktu untuk memandu pengambilan keputusan. Misalnya, jika bisnis kita memiliki sistem informasi manajemen otomatis, kita tidak perlu bergantung pada staf untuk layanan 24 jam. Sebaliknya, kita dapat mengatur aturan yang telah ditetapkan yang menafsirkan dan menanggapi interaksi dengan sistem. Sistem informasi manajemen juga memiliki kemampuan untuk multitask, dan keputusan dibuat lebih cepat dibandingkan dengan sistem yang hanya bisa menampung satu tugas pada satu waktu.

Strategi Kompetitif. Perusahaan menggunakan sistem informasi manajemen untuk memandu upaya mereka dalam mengurangi biaya operasional dan mencapai keunggulan kompetitif. Misalnya, jika kita ingin mengurangi biaya persediaan dan menjamin layanan pelanggan yang efisien, menggunakan sistem informasi manajemen untuk mendapatkan informasi yang akurat dengan cepat. Biasanya, sistem pengisian persediaan menganalisis tren produk dan secara otomatis mengirim pesanan kepada pemasok untuk menjaga persediaan pada tingkat yang optimal. Ini berarti bahwa ketika pelanggan melakukan pembelian, perusahaan tetap diisi dan siap untuk pesanan pelanggan berikutnya. Kita juga dapat menggunakan sistem informasi manajemen untuk mempersonalisasikan atau menyesuaikan pengalaman pelanggan. Sebagai contoh, sistem informasi manajemen dapat merekam preferensi pelanggan dan membuat rekomendasi untuk aksesoris, layanan tambahan atau produk dan layanan lain yang serupa pelanggan yang dipilih.

Komunikasi dan Kolaborasi. Jika kita memiliki karyawan atau mitra bisnis di lokasi yang berbeda, kita dapat menggunakan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dalam organisasi kita. Dengan infrastruktur sistem informasi manajemen, kita dapat melakukan rapat virtual dan membuat sebagian besar teknologi seperti panggilan konferensi, konferensi video dan email. Gunakan alat komunikasi ini untuk mengelola dan berbagi informasi dan mempromosikan interaksi antara karyawan dan rekan bisnis. Karena kita menghilangkan biaya perjalanan dan waktu, serta kebutuhan untuk mencetak beberapa salinan dari dokumen yang sama, kita meningkatkan produktivitas dan menghemat uang.

Mengelola dan penggunaan data. Selanjutnya kepada karyawan, informasi merupakan aset perusahaan yang paling penting. Mengelola aset penting ini menuntut manajemen infrastruktur sistem informasi dengan kapasitas yang memadai, keandalan dan kinerja. Toko online, misalnya, perlu sebuah sistem yang menyimpan informasi produk, rincian pelanggan, transaksi dan persediaan. Kita dapat menggunakan database dalam sistem informasi manajemen untuk tidak hanya menyimpan informasi ini, tetapi juga untuk mengelola dan menganalisis dan memperoleh intelijen bisnis. Data mining memberikan pemahaman yang lebih dalam produk kita, klien dan pasar. Gunakan data dalam sistem kita untuk melakukan analisis tren dan kemungkinan perkiraan untuk perusahaan.

 

References

  1. Blue Avenue Associates: Importance of a Good Management Information System
  2. Journal of Management and Marketing Research: Management Information Systems And Business Decision Making
  3. Journal of Management and Marketing Research: Management Information Systems And Business Decision Making
  4. SAS: Introduction to Inventory Replenishment Planning
  5. Prentice Hall: Managing the Information Infrastructur
  6. http://www.ehow.com/info_12309592_benefits-having-management-information-system-infrastracture-organization.html

Published at :
Written By
Henricus Bambang Triantono
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close