People Innovation Excellence

Project IT : Menentukan proses bisnis prioritas untuk didukung oleh IT

Salah satu cara untuk mengidentifikas proses bisnis yang akan diprioritaskan untuk didukung oleh IT dalam perencanaan project IT adalah menggunakan matrik Importance-Performance. (lihat gambar)

Importance

imp

Gambar : importance-performance matrix

 

Proses bisnis yang harus diprioritaskan untuk didukung IT adalah proses bisnis yang menjadi prioritas kebutuhan perusahaan, dan pada umumnya perusahaan membutuhkan informasi ketika dibutuhkan. Informasi ini sebagai aset yang sangat penting dan sangat mempengaruhi kinerja bisnis perusahaan. Jadi untuk menentukan proses bisnis yang diprioritaskan untuk didukung IT dalam perencanaan project yaitu mengidentifikasikan proses bisnis menggunakan matrik Importance-Performance lalu memprioritaskan proses bisnis yang terletak pada kotak “Concentrate” dan “Maintain Performance” karena dari sisi importance nilainya tinggi, terutama pada kotak “Maintain Performance”.

Dari matrix di atas, maka jika bisnis dinilai sangat penting (Importance is high) dan dari sisi performance perusahaan rendah maka proyek IT kita harus konsentrasi pada bisnis ini agar tidak lepas. Apalagi jika bisnis tersebut sangat penting dan berpengaruh besar pada performance perusahaan, maka proyek IT kita harus pertahankan performance tersebut dan kita harus benar-benar fokus pada bisnis ini.

Sebaliknya jika bisnis tersebut tidak penting (Importance is low) maka jika pengaruhnya terhadap performance perusahaan masih tinggi, kita harus hati-hati agar proyek IT kita tidak overkill. Apalagi jika tidak penting dan tidak berpengaruh pada performance perusahaan, maka kita dapat lupakan saja.


Published at :
Written By
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close