School of Information Systems

PL/SQL Report Builder : Using The SRW Package Pada ORACLE 10G

Menjalankan DDL Statements

Prosedur SRW.DO_SQL menjalankan SQL statements dalam Report Builder. Digunakan untuk menjalankan DDL (Data Definition Language) statements saat proses berjalan (run time), misalnya membuat sebuah tabel untuk keperluan sementara dan menambahkan baris kedalamnya.

DML statements juga dapat dijalankan dengan prosedur ini, namun akan lebih cepat jika dijalankan secara langsung melalui PL/SQL block; sehingga disarankan untuk menggunakan DML dengan prosedur ini jika benar-benar diperlukan.

Jika ingin melakukan query pada tabel sementara, maka tabel tersebut harus ada sebelum trigger Before Report berjalan. Itu adalah saat

Report Builder mem-parse query, sehingga tabel harus dibuat dalam trigger Before Parameter Form atau After Parameter Form.

Mengatur Atribut Format

Prosedur SRW.SET_

memberlakukan atribut format tertentu pada objek layout, seperti frame, repeating frame, field, atau boilerplate object. Beberapa alasan digunakannya atribut format:

– Mengubah tampilan objek layout sesuai values pada repeating frame, atau parameter.

– Pindah tray printer sesuai dengan format report.

– Menempatkan logo atau standard links dalam dokumen HTML.

– Membuat bookmark dalam dokumen HTML atau PDF.

Prosedur-prosedur tersebut dapat diterapkan dalam function sebagai unit program pada local/report-level atau dalam PL/SQL library.

Penggunaan Object Navigator untuk menyalin list program, bukan memanggil. Atribut visual misalnya

SRW.SET_FILL_PATTERN,

SRW.SET_BORDER_WIDTH,

SRW.SET_FORMAT_MASK.

Untuk mengendalikan tray printer menggunakan SRW.SET_PRINTER_TRAY.

Untuk membuat bookmark menggunakan SRW.SET_BOOKMARK.

Menggunakan Atribut Format pada Web Layout

Atribut formatTrigger pada tag rw:field digunakan untuk memodifikasi karakteristik tampilan dari field. Prosedur yang dapat digunakan untuk mengatur atribut dari field diantaranya

SET_FORMAT_MASK, SET_HYPERLINK,

SET_LINKAGE, SET_TEXT_COLOR,

SET_JUSTIFICATION, SET_FONT_FACE,

SET_FONT_STYLE, SET_FONT_SIZE,

SET_FONT_WEIGHT, SET_DISPLAY_NAME,

SET_FIELD_CHAR, SET_FIELD_DATE, dan

SET_FIELD_NUM.

Beberapa atribut hanya dapat diterapkan pada character environments. Jika atribut bergambar ditempatkan dalam report dengan mode character (atau sebaliknya), maka Report Builder akan mengabaikannya, tidak menganggap sebagai kesalahan; ini memungkinkan untuk mengembangkan sebuah laporan untuk digunakan pada lingkungan yang berbeda.

PEMANGGILAN REPORT MENGGUNAKAN DATABASE EVENT

Trigger pada database adalah mekanisme Utama untuk memanggil reports menggunakan Event-Driven Publishing API. Oracle database memungkinkan untuk menentukan luas cakupan trigger yang akan berjalan (merespon) pada eventevent yang berbeda. Salah satu cara penggunaan Event-Driven Publishing API adalah membuat proses terotomatisasi untuk merespon jika ada perubahan data pada tabel. Contohnya yaitu trigger pada database berjalan jika status pada laporan pengeluaran kas ada perubahan, setelah itu laporan, otomatis akan terkirim ke manajer.