People Innovation Excellence

IT as A Competitive Advantage

Jika kita berbicara tentang perkembangan IT saat ini, sudah tidak dapat dipungkiri bahwa IT berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan data statistik dari gartner ataupun beberapa lembaga research lainnya yang menunjukkan semakin tingginya investasi di bidang IT.

Dengan perkembangan IT yang semakin pesat ini tentunya setiap organisasi, khususnya organisasi yang besar yang ingin unggul dari pesaingnya mereka harus mengalokasikan investasi yang besar di bidang IT. Tetapi harus dilihat kembali, apakah investasi ini sebenarnya membuat mereka unggul dibanding pesaingnya atau investasi ini justru tidak ada value added bagi organisasi mereka.

Jika kita menginginkan agar IT dapat menjadi keunggulan bersaing bagi organisasi maka kita harus berusaha menginvestasikan IT yang besat untuk inovasi di organisasi kita (IT spend for innovation), jangan hanya berfokus kepada IT Operation atau maintenance. Tetapi bukan berarti juga kita tidak memperhatikan IT operation atau maintenance di organisasi kita. Yang terpenting disini adalah kita jangan lupa berpikir untuk melakukan inovasi dan menyiapkan budged untuk merealisasikan.

Karena banyak case pada organisasi saat ini yang memiliki masalah terkait dengan ketidaksesuaian antara business expectation dan ability of IT delivery. Ketidaksesuaian ini menyebabkan apa yang diharapkan oleh user tidak terpenuhi oleh kemampuan IT saat ini. Hal ini biasanya disebabkan IT di dalam perusahaan hanya berfokus kepada operationnya, banyak budged yang dihabiskan pada area tersebut. Sehingga organisasi sering tidak memiliki budged untuk inovasi. Oleh karena itu saat ini di bidang IT banyak disoroti tentang issue bagaimana kita dapat mengurangi biaya pada area IT operation tersebut. Dengan biaya operasi yang semakin rendah diharapkan organisasi dapat mulai berfokus pada inovasi.


Published at :
Written By
Yohannes Kurniawan, S.Kom., SE., MMSI
Subject & Content Coordinator Information Management
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close