People Innovation Excellence

Investment Mapping Methodology pada Project IT

Sebagai contoh, akan dievaluasi 3(tiga) projek yang dinilai sejalan dengan strategi organisasi: implementasi ERP system, implementasi IP telephony, dan implementasi central printing facility. Untuk menyederhanakan, hanya dipertimbangkan dua aspek utama untuk setiap type of benefits dalam perhitungan ini.

 

ppic

Dari perhitungan di atas, dapat dilihat bahwa implementasi ERP dipertimbangkan karena akan meningkatkan produktivitas (dan lebih tangible), karena nilainya antara -15 dan -5.

Langkah berikutnya, setelah diketahui peta benefit dari investasi IT, akan ditentukan bagaimana posisi investasi IT dalam orientasinya terhadap rangkaian nilai dari perusahaan. Ada tiga kategori investasi yang merepresentasikan orientasi dari investasi IT: support technical infrastructure, perform routine business operations, dan pengaruh terhadap market.

Mirip dengan benefit investasi IT, maka orientasi investasi IT juga berada dalam rangkaian investasi dengan skala yang sama, seperti dalam gambar di bawah ini:

 

ppicc3

Investasi yang terkait erat dengan IT infrastructure, diberi rating antara -15 s.d -5, sedang yang terkait dengan business support berada dalam rating -5 s.d. +5. Investasi yang memberikan pengaruh pada market (customer) diberi rating +5 s.d. +15.

Sebagai contoh, dari gambar diagram di atas dapat dibaca “Hardware environment” termasuk dalam orientasi Infrastructure. Perlu dipertimbangkan juga, di dalam gambar di atas “Logistics” berada dalam dua tipe investasi IT. Aspek “logistic” dapat mempengaruhi market/customer dan pada saat yang sama juga men-support business process.

Sebagai contoh, untuk konteks projek yang telah dibahas sebelumnya, didapat hasil perhitungan sebagai berikut:

pppi3

Dari tabel di atas didapat kesimpulan bahwa implementasi ERP lebih menitikberatkan pada aspek business operations (nilainya antara -5 dan +5), sedangkan implementasi IP telephony pada aspek infrastructure (nilainya antara -15 dan -5).


Published at :
Written By
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close