School of Information Systems

External Value chain

Performa umum dari industri, saat membicarakan mengenai kemampuannya untuk memaksimalkan nilainya yaitu menambahkan dan meminimalisasi biaya yang dikeluarkannya, benar – benar bergantung pada sebaik apa permintaan dan penyediaan informasi dipenuhi pada setiap tingkatan dari industri.

Jika sebuah organisasi dapat memenuhi kebutuhan untuk produk dan servis nya dengan tepat dari setiap sumber daya yang ada setiap waktunya, performa dapat ditingkatkan dan efisiensi dapat dimaksimalkan. Dengan menggunakan perangkat atau teknologi IT yang tepat yang dapat menghimpun dan menghubungkan informasi antar perusahaan maka tujuan perusahaan dan customer atau suppliernya dapat tercapai.

ert

Salah satu contoh dalam membuat hubungan business network adalah Customer Relation Management(SCM). SCMadalah sebuah strategi bisnis berorientasi pelanggan dimana sebuah organisasi berusaha meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan menawarkan layanan spesifik pelanggan. CRM muncul sebagai jembatan strategis antara strategi teknologi informasidan pemasaran. Organisasi mengumpulkan dan menganalisa data pola pelanggan, menginterpretasikan perilaku pelanggan, membangun model prediksi, merespon komunikasi pelanggan secara tepat waktu dan efektif, serta mengirimkan nilai barang dan jasa ke pelanggan individu. Melalui pemahaman yang baik atas pelanggan yang sudah ada, perusahaan dapat berinteraksi, memberikan tanggapan, dan berkomunikasi lebih efektif dengan pelanggan tersebut untuk meningkatkan tingkat retensi. Oleh karena CRM membutuhkan integrasi antara teknologi informasi dan pemasaran, kerjasama lintas fungsi menjadi suatu kewajiban untuk kesuksesan. Beberapa keuntungan dari suksesnya implementasi CRM adalah meningkatkan kompetisi melalui pendapatan lebih tinggi dan  biaya operasional lebih rendah; meningkatkan kepuasan pelanggan dan tingkat retensi; meningkatkan nilai pelanggan; berpotensi menilai loyalitas pelanggan, profitabilitas, dan kemampuan mengukur pembelian berulang; biaya yang dikeluarkan; dan umur pelanggan