People Innovation Excellence

Contoh kategori berdasarkan McFarlan IT- Impact Matrix (bagian 2)

  1. IT Sebagai Turnaround (Kereta Api Indonesia)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) dinilai sudah tertinggal bangak dibandingkan pesaingnya dalam bidang transportasi. Akan tetapi akhir-akhir ini terlihat banyak geliat KAI dalam melakukan terobosan-terobosan bisnis. Salah satunya adalah pada saat KAI dan PT Telkom bersinergi pengembangan sistem e-ticketing (Berita KA, 2013). Selain itu, KAI juga mengembangkan e-ticket untuk KRL yang tentu saja banyak didukung oleh IT. Di sini terlihat bahwa KAI sudah memanfaatkan IT untuk menunjang visi misinya ke depan, walaupun untuk kondisi saat ini support IT masih belum sesuai harapan.

  1. IT Sebagai Turnaround (PT Pos Indonesia)

Perusahaan lain yang memiliki strategi IT turnaround adalah PT Pos Indonesia. Selama ini PT Pos Indonesia bergerak di bidang jasa kurir yang Perkembangannya nyaris stagnan, atau malah menurun karena ‘berkompetisi’ dengan teknologi email. Baru-baru ini PT Pos Indonesia mengeluarkan layanan e-commerce yang terdiri dari tiga komponen, yaitu market place, online payment dan shipping and delivery. Dengan ini diharapkan ke depan PT Pos Indonesia dapat meningkatkan online shopping dan tentu saja PT Pos akan meningkatkan keuntungan berupa meningkatnya kebutuhan akan shipping dan delivery yang merupakan core business PT Pos Indonesia. Hal ini menunjukkan PT Pos mencoba mengubah strategi dengan memanfaatkan IT sebagai enablernya.

  1. IT Sebagai Strategic (BCA)

Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu perusahaan yang sangat inovatif meluncurkan produk-produknya yang didukung oleh IT adalah BCA. Sejak bertahun-tahun yang lalu BCA sudah mulai menjadi salah satu pioner di bidang perbankan dalam pemanfaatan IT. Tidak hanya untuk menunjang operasi sehari-hari, BCA terus memberikan inovasi. Beberapa layanan inovatif yang terakhir diluncurkan adalah kartu flazz yang merupakan kartu debit yang mudah untuk didapatkan dan berguna juga untuk pembayaran. Selain itu juga ada KlikPay sebagai sarana pembayaran transaksi online. Dengan demikian BCA adalah salah satu contoh perusahaan yang menerapkan IT sebagai strategic, yaitu sangat baik dalam mendukung proses sehari-hari sekaligus juga mampu mendukung strategi perusahaan.

  1. IT Sebagai Strategic (Kompas)

Kompas dikenal sebagai surat kabar ternama di Indonesia. Tetapi Kompas tidak tinggal diam dengan posisinya yang sudah mapan tersebut. Inovasi demi inovasi diluncurkan agar tetap bisa bersaing dan tetap menjadi yang terdepan. Dari beberapa tahun yang lalu, Kompas merupakan koran pertama yang meluncurkan teknologi cetak di tempat, dimana sebelumnya koran dikirim dari Jakarta dan sampai ke daerah melalui pesawat. Dengan teknologi ini, Kompas bisa diterima lebih awal oleh pelanggannya.

Tidak hanya di situ saja, dengan melihat perkembangan teknologi internet yang begitu cepat, Kompas langsung merubah strategi dengan mengembangkan portal berita Kompas.com. Portal ini dikelola dengan serius dan dari hari ke hari terus ditingkatkan kemampuannya, dengan kemudian menambahkan Kompas TV.

Di sini terlihat jelas bagaimana Kompas melakukan inovasi berbasis IT, walaupun bisnis intinya bukan di IT. Dan IT terus dimanfaatkan dalam menunjang strateginya ke depan. Sehingga Kompas termasuk dalam kategori Strategic dalam matriks McFarlan.

 


Published at :
Written By
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close