People Innovation Excellence

Contoh kategori berdasarkan McFarlan IT- Impact Matrix (bagian 1)

Di bawah ini adalah beberapa contoh perusahaan yang dikategorikan berdasarkan matriks McFarlan.

  1. IT Sebagai Support

Pada umumnya IT berperan sebagai support banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pabrik yang padat karya. Kita bisa lihat banyak pabrik-pabrik memanfaatkan IT hanya untuk perhitungan akuntansi saja dengan menggunakan komputer personal. Padahal IT dapat membantu lebih jauh dengan menggunakan website untuk marketing, transaksi jual-beli, dan lain-lain. Bahkan beberapa jaringan supermarket besar sudah mewajibkan pemasoknya untuk memasukkan data lewat jaringan internet.

  1. IT Sebagai Support (Garuda)

Garuda adalah perusahaan penerbangan yang berumur cukup tua. Tetapi saat ini inobasi IT-nya malah tertinggal dibandingkan pesaing-pesaingnya yang relatif baru. Sebagai salah satu contoh adalah online booking. Garuda baru saja meluncurkan online booking pada tahun 2009 dengan segala keterbatasannya, di saat pesaingnya yang relatif masih muda sudah jauh melaju beberapa tahun lebih awal.

  1. IT Sebagai Factory

Kawan Lama, sebuah perusahaan distribusi perangkat komersial dan industrial menggunakan IT untuk menunjang perusahaannya. IT digunakan berupa sistem informasi penjualan. Selain itu, Kawan Lama pada tahun 2011 meluncurkan online shopping (Wikipedia, 2014). Terlihat di sini bahwa IT sudah dapat mendukung kegiatan bisnis Kawan Lama secara baik. Akan tetapi, dalam menunjang strategi perusahaan dalam jangka panjang belum diterapkan oleh Kawan Lama.

  1. IT Sebagai Factory (Bank Syariah Mandiri)

Bank Syariah Mandiri merupakan bank syariah yang merupakan anak perusahaan Bank mandiri. Dengan label syariah-nya Bank Syariah Mandiri harus berdiri sendiri dalam mengimplementasikan teknologi. Saat ini Bank Syariah Mandiri dapat terus bertahan dengan layanan yang ada, dan bisa dibilang sama dengan bank besar lainnya. Walaupun terbatas, BSM sudah mempunyai ATM, internet banking, dan layanan teller yang online. Tetapi belum terlihat adanya inisiatif IT yang mendukung strategi BSM untuk masa depan.


Published at :
Written By
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close