People Innovation Excellence

BEBERAPA AKTIVITAS YANG BISA MENURUNKAN BIAYA OPERASIONAL SEBUAH PUSAT DATA TERKAIT DENGAN PENGHEMATAN ENERGI

Permasalahan energi di Indonesia nampaknya masih menghantui masyarakat pada umumnya mulai dari kelangkaan bahan bakar maupun kelangkaan pasokan sumber daya listrik. Untuk dunia bisnis maka kelangkaan pasokan listrik akan berakibat signifikan yaitu terhentinya produksi maupun layanan jasa yang dihasilkan. Organisasi bisnis maupun pemerintah saat ini banyak menggunakan pusat data yang ternyata banyak sekali menggunakan sumber daya listrik.

Dibawah ini dipaparkan secara singkat delapan butir petunjuk praktis yang akan membantu bisnis dalam meningkatkan efisiensi pusat data dan sekaligus dapat mengurangi biaya.

  1. Memantau kegiatan dan melakukan analisis

Salah satu elemen kunci kegiatan bisnis dalam pada tahap perencanaan adalah untuk menggabungkan pemantauan dan analisis infrastruktur yang digunakan secara mendalam. Dengan memantau secara real-time dan terpadu serta analisis yang terarah, organisasi maupun perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi kondisi peralatan yang boros konsumsi listriknya dan merespon dengan cepat untuk memperbaiki masalah tersebut.

  1. Ukuran fisik yang tepat untuk Infrastruktur Pusat Data

Organisasi perlu mengantisipasi kebutuhan mereka baik sekarang maupun untuk masa depan, dan ukuran fisik yang tepat (right-sizing) dari infrastruktur Pusat Data untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan hasil pengukuran tersebut baik kelebihan atau kekurangan akan tetap memberikan persentase tertentu pada tagihan listrik. Ukuran yang tepat (right sizing) memungkinkan organisasi untuk menghemat hingga 38% biaya listrik per kW beban TI, dan memiliki potensi untuk mengurangi hingga 50% dari biaya listrik ketika peralatan tersebut beroperasi pada kisaran optimum kurva efisiensinya.

  1. Manajemen Kapasitas

Bisnis juga harus mempertimbangkan penggunaan alat pada manajemen kapasitas. Alat-alat ini dapat meningkatkan pemanfaatan daya yang dipergunakan, pendinginan dan menghitung kapasitas rak serta meminimalkan kapasitas terpakai dalam pusat data untuk memungkinkan jumlah maksimum peralatan SI/TI yang akan diinstal dalam daya dan pendinginan yang ada pada kurva diagram amplop. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk merencanakan sistem yang mampu mendorong untuk mencapai ke titik tertinggi pada kurva efisiensi dan beroperasi pada kerapatan yang lebih tinggi tanpa mengorbankan keselamatan.

  1. Konfigurasi fisik peralatan SI/TI

Organisasi perlu menyadari untuk mengoptimalkan konfigurasi fisik peralatan SI/TI. Konfigurasi ini perlu dimasukkan ke dalam suatu desain sistem secara menyeluruh, bukan hanya berdasarkan karakteristik ruang tertentu. Misalnya, arsitektur pendingin berbasis baris harus diintegrasikan dengan rak, ketidak-bergantungan atas kamar berbasis pendinginan, yang akan menghasilkan peningkatan efisiensi pendinginan dan mengurangi konsumsi daya.

  1. Efisiensi dalam memaksimalkan penggunaan Peralatan

Organisasi juga harus berinvestasi peralatan operasi yang mampu memaksimalkan efisiensi operasional dan sekaligus mengurangi atau menghilangkan kemungkinan konfigurasi yang kurang optimal. Alat ini dirancang khusus untuk membantu melacak dan menyetel kinerja termasuk membandingkan rasio konsumsi energi, sehingga fungsi peralatan dapat efisien untuk memberikan luaran dengan masukan energi yang lebih sedikit.

  1. Melakukan penyetelan system yang redundansi

Organisasi biasanya akan memiliki subsistem yang digunakan di bawah kapasitas terukur untuk mendukung redundansi. Efisiensi beban-beban ringan adalah parameter kunci untuk menyesuaikan pada sistem tersebut. Teknisi yang profesional di pusat data harus menyetel sistem ini untuk efisiensi beban komponen tertentu bukan efisiensi beban penuh, untuk mengurangi listrik yang dikonsumsi pada saat tidak terpakai.

  1. Audit pada peralatan yang digunakan

Organisasi juga harus melakukan audit secara rutin pada peralatan TI mereka yang ada dan daya terpakai serta peralatan pendingin. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat penggunaan energi dengan baik atau meengurangi kapasitas daya untuk operasi lainnya.

  1. Menggunakan peralatan yang mengarah pada efisiensi energi

Tinjauan terakhir untuk mencapai efisiensi energi pada pusat data yang adalah pada saat memilih perangkat SI/TI. Daya, pendinginan dan pencahayaan peralatan harus mampu menngambil manfaat dari teknologi terbaru untuk meminimalkan konsumsi daya. Sebagian besar peralatan SI/TI baru telah terintegrasi dengan fitur manajemen daya yang memungkinkan untuk mengurangi konsumsi daya selama beban komputasi pada saat aktivasi atau upgrade. Hal ini dapat membantu perusahaan menghemat hingga 10% dari konsumsi energi mereka.

Semoga panduan singkat ini dapat bermanfaat. (Disarikan dariBenedict Soh, IT Business VP, Schneider Electric Singapore, 7 Desember 2011, oleh HD).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close