School of Information Systems

3 dari 4 professional SI/TI telah diintimidasi di tempat kerjanya

Sebuah survei terhadap lebih dari 650 profesional SI/TI yang bertujuan untuk menemukan pengalaman mereka diintimidasi di tempat mereka bekerja telah menunjukkan bahwa 75% dari responden mengaku telah diintimidasi di tempat kerja dan 85% telah melihat orang lain diganggu, demikian menurut IDG Connect. Namun, hanya 8% mengaku telah mengintimidasi orang lain dan 45% memilih untuk tidak menjawab pertanyaan apakah mereka menakut-nakuti orang lain. “Hasil ini sama sekali tidak membuktikan bahwa hal-hal yang lebih buruk terjadi di lingkungan kerja SI/TI daripada di tempat lain,” kata IDG Connect.

“Hasil ini sama sekali tidak membuktikan bahwa hal-hal yang lebih buruk ada di tempat kerja SI/TI dibandingkan dengan tempat kerjan lain,” kata IDG Connect. “Namun, melalui teknik campuran statistik baru, umpan balik rinci lebih dari 400 testimonial yang mendalam, bersama dengan wawasan dari berbagai pakar industri, laporan ini melukiskan gambaran yang cukup komprehensif masalah yang tampaknya endemik,” tambah kelompok itu. Mayoritas (94%) dari mereka mengatakan bahwa mereka telah diintimidasi dan melaporkan pelecehan psikologis tsb. Lebih dari setengah (57%) melaporkan pelecehan verbal (57%) sementara hanya segelintir saja (8%) yang telah melaporkan kekerasan fisik.

Kebanyakan para pengganggu (74%) adalah senior korban mereka dan intimidasi biasanya dilakukan oleh seorang individu (67%) daripada kelompok (33%). Ketika diminta untuk melaporkan tingkat keparahan penyalahgunaan ini pada skala satu sampai 10 – di mana salah satu adalah ringan, dan 10 adalah “hampir tak tertahankan” – 76% menilai tujuh, sementara 22% secara keseluruhan menilai sebagai 10 dari 10, yaitu “hampir tak tertahankan”. Berdasarkan pengakuan, responden menunjukkan persetujuan yang solid bahwa para pemimpin harus mengambil tanggung jawab untuk mengatasi intimidasi di tempat kerja, di mana orang tua dan perempuan muncul sebagai target tertentu. Selanjutnya, ada ketidakpercayaan luas dari profesional SDM, dan banyak orang merasa bahwa intimidasi adalah masalah yang lebih buruk di lingkungan kerja SI/TI dibandingkan profesi lain. Dalam banyak kejadian, responden menyatakan bahwa hal itu adalah isu tipe kepribadian dimana SI/TI cenderung menarik untuk diintimidasi sementara sedikit orang menyesalkan dan membantah bahwa intimidasi adalah hanyalah kabar bohong belaka. (Disarikan dari Enterprise Innovation editors tanggal 5 Agustus 2014, oleh HD)