People Innovation Excellence

Major KM Techniques, Tools, and Technologies

  • Knowledge Creation and Capture Phase, pada poin ini perusahaan menerapkan content creation yaitu dengan menerapkan suatu template yang dapat digunakan oleh karyawan perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas dan dan aktivitas lainnya. Selain itu perusahaan juga menerapkan data mining yang digunakan menjadi alat yang penting untuk mengubah data yang ada diperusahaan menjadi informasi. Hal ini sering digunakan dalam berbagai praktek, seperti pemasaran, pengawasan, deteksi penipuan dan penemuan ilmiah. Sedangkan untuk content management, perusahaan menggunakan metode archiving setiap melakukan tugas dan pekerjaannya, metode ini dipakai untuk membuat salinan dari sebuah file backup dengan tujuan melindungi salinan asli dari kerusakan sehingga akan memudahkan pegawai dalam penggunaannya serta pekerjaannya.
  •  Knowledge Sharing and Dissemination Phase, pada point ini perusahaan menerapkan communication dan collaboration technologies seperti telepon, fax , email, chat room, instant messaging. Selain itu perusahaan juga menerapkan Networking technologies seperti webserver, portal dan konowledge repository.
  • Knowledge acquisition and application, pada point ini perusahaan menerapkan artificial intelligence berupa expert system yaitu sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Pengetahuan dari pakar di dalam sistem ini digunakan sebagi dasar oleh Sistem Pakar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi).

Tools atau teknologi apa yang possible diterapkan oleh perusahaan antara lain adalah:

Web Wiki dan Portal, dengan adanya tools atau teknologi tersebut dalam sebuah perusahaan memungkinkan perusahaan untuk menjalankan proses bisnis perusahaan secara tepat dan efisien serta untuk mempermudah & mempercepat proses berbagi pengetahuan, keahlian, pengalaman dan kolaborasi antar pegawai menuju pada pegawai yang sadar pengetahuan (knowledge workers).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close