People Innovation Excellence

Membangun Cyber Branding

Seberapa pahamkah anda terhadap cyber branding yang baik untuk sebuah e-business? Kesuksesan dalam menerapkan brand yang menarik sangat erat kaitannya dengan kesuksesan bisnis anda. Brand adalah hal pertama yang dikenal oleh calon pelanggan, brand yang baik dan menarik akan sangat diingat dan begitu pun sebaliknya. Cyber branding adalah penerapan cyber marketing untuk keperluan pembangunan dan penciptaan merek di dunia online. Cyber marketing sendiri merupakan pembangunan dan pencitraan merek di dunia online yang merupakan gabungan dari kemampuan marketing komunikasi, pemahaman online behaviour dan online media serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu cyber marketing juga dapat didefinisikan sebagai kombinasi dari prinsip marketing tradisional dan metode pemasaran interaktif yang ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Penggunaan internet yang semakin banyak diseluruh lapisan masyarakat dan daya saing yang sangat besar menuntut perusahaan untuk ikut mempertimbangkan promosi lewat internet, disinilah cyber marketing atau cyber branding berperan untuk menarik minat masyarakat, sehingga media internet dipilih menjadi media untuk mem-branding perushaan dan produk karena saat ini hampir semua orang terhubung dengan internet, dengan internet pun mereka berharap bisa lebih baik dalam mencapai traget segmentasi perusahaan dan produknya. Terdapat banyak sekali pilihan dalam melakukan cyber branding di media internet, seperti website, facebook fan page, twitter, youtube dll. Untuk membangun cyber branding tidak lah bisa sembarangan, tim dari marketing, public relations dan sales harus benar-benar mempersiapkan pesan yang ingin dicapai serta memilih media yang tepat untuk dapat mencapai target audience Dalam melakukan cyber branding dan cyber marketing  setiap perusahaan memiliki cara dan karakter yang berbeda dalam mencapai audiens-nya.

Erat kaitannya antara cyber marketing dan cyber branding, untuk menghasilkan strategi dan teknik marketing online yang berhasil. Pada hakikatnya, cyber marketing bukanlah dunia orang – orang IT, namun menjadi dunia bagi orang – orang marketing, sales, dan public relation. Fungsi IT hanyalah sebagai bagian dalam mewujudkan ide – ide tim marketing, sales, dan public relation ke dalam media internet. Dalam internet, tidak ada batasan jarak dan waktu, semua pelanggan akan datang dan merespon terhadap apa yang anda suguhkan dalam website anda tanpa dapat kita kontrol, sehingga menjadi sangat penting bagaimana kita bisa membuka mindset dari para pengunjung bahwa apa yang kita tawarkan memiliki nilai jual yang sebagaimana yang diharuskan dalam marketing online.

Bagaimana membangun sebuah online branding yang baik?

  1. Cari tahu apa yang diinginkan dan apa yang menarik bagi pelanggan saat ini terutama pelanggan di dunia maya
  2. Ciptakan brand yang mudah diingat, tulisan atau gambar yang tidak rumit dan berkelas.
  3. Warna brand mencerminkan visi misi perusahaan dan kesesuaian dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Warna desain website juga seharusnya serasi dengan brand ini.
  4. Selalu sediakan informasi yang up to date dan bermanfaat bagi pengunjung
  5. Tonjolkan kualitas brand dan kekuatan brand agar semakin diingat oleh pelanggan
  6. Usahakan untuk terus menjaga nama baik brand dan terus lakukan inovasi untuk produk dan kualitasnya.
  7. Ukuran brand jangan sampai mengganggu pengunjung ketika browsing, berikut juga jangan pilih warna yang terlalu mencolok agar pengunjung nyaman berlama lama di website anda
  8. Memberikan nama yang unik untuk setiap produk juga merupakan cyber branding yang menarik pengunjung.

Referensi :

http://grimonia-mediapr.blogspot.com/2013/11/artikel-cyber-branding-pt-coca-cola.html


Published at :
Written By
Cadelina Cassandra
Lecturer Specialist - S2
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close