People Innovation Excellence

EA3 Cube Framework

20Juni5Cube documentation framework adalah framework yang didokumentasikan dalam mengidentiffikasi scope arsitektur yang akan dikembangkan dan membangun hubungan antar area arsitektur. Layer pada framework dibentuk hirarki sehingga sub arsitektur yang berbeda memiliki relasi satu sama lain. Cube documentation framework menjadi tools bagi stakeholder untuk memahami fungsi utama dalam mengelola dan merencanakan sumber daya IT dan dokumentasi arsitektur enterprise. Stakeholder dapat mengetahui melalui 5 layer pada cube yang menjelaskan 5 komponen perencanaan strategi.

Pada cube tersebut dapat dilihat bahwa Goals & Initiative berada di tingkatan atas, lines of business ada di tengah dan infrastruktur IT ada di tingkatan bawah.

Komponen dimensi pada cube documentation framework adalah:

  1. Dimensi level (sub arsitektur, area fungsional dan hubungannya satu sama lain
  2. Dimensi segmen (sub area enterprise vertikal dengan aktivitas bisnis dan sumber daya)
  3. Dimensi artifak (dokumentasi komponen tiap level arsitektur)

Cube framework ini membantu manjemen dalam merencanakan strategi dengan menggunakan EA

  1.  Layer Goals & Initiative, identifikasi dari statement visi dan misi perusahaan, primary goal, strategic goal
  2.  Product & Service, diidentifikasi dari menjawab pertanyaan seperti: aktivitas spesifik apa saja di setiap line of business? produk apa saja yang dihasilkan pada tiap line of business? apakah layanan bisnis atau proses manufaktur perlu di improve atau re-engineering sebelum menjadi bagian dari arsitektur yg akan datang?
  3.  Data & information, diidentifikasi dgn menjawab: aliran informasi apa saja yang diperlukan dalam area aktifitas agar sukses? bagaimana aliran informasi ini bisa disatukan, efisien, akurat, dan aman? bagaimana data tsb akan berguna menjadi informasi dan knowledge?
  4. System & Application, diidentifikasi dgn menjawab: teknologi, sistem, dan aplikasi apakah yang dibutuhkan untuk di bangun dan untuk menyimpan data, informasi dan knowledge layanan bisnis yang dibutuhkan? bagaimana semua aplikasi dan teknologi bisa bekerja bersama saat dibutuhkan?
  5. Network & Infrastructure, diidentifikasi dgn menjawab: bagaimana network bisa diintegrasikan agar efisien dan efektif, infrastruktur apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung sistem

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close