School of Information Systems

EA3 Cube Framework

20Juni5Cube documentation framework adalah framework yang didokumentasikan dalam mengidentiffikasi scope arsitektur yang akan dikembangkan dan membangun hubungan antar area arsitektur. Layer pada framework dibentuk hirarki sehingga sub arsitektur yang berbeda memiliki relasi satu sama lain. Cube documentation framework menjadi tools bagi stakeholder untuk memahami fungsi utama dalam mengelola dan merencanakan sumber daya IT dan dokumentasi arsitektur enterprise. Stakeholder dapat mengetahui melalui 5 layer pada cube yang menjelaskan 5 komponen perencanaan strategi.

Pada cube tersebut dapat dilihat bahwa Goals & Initiative berada di tingkatan atas, lines of business ada di tengah dan infrastruktur IT ada di tingkatan bawah.

Komponen dimensi pada cube documentation framework adalah:

  1. Dimensi level (sub arsitektur, area fungsional dan hubungannya satu sama lain
  2. Dimensi segmen (sub area enterprise vertikal dengan aktivitas bisnis dan sumber daya)
  3. Dimensi artifak (dokumentasi komponen tiap level arsitektur)

Cube framework ini membantu manjemen dalam merencanakan strategi dengan menggunakan EA

  1.  Layer Goals & Initiative, identifikasi dari statement visi dan misi perusahaan, primary goal, strategic goal
  2.  Product & Service, diidentifikasi dari menjawab pertanyaan seperti: aktivitas spesifik apa saja di setiap line of business? produk apa saja yang dihasilkan pada tiap line of business? apakah layanan bisnis atau proses manufaktur perlu di improve atau re-engineering sebelum menjadi bagian dari arsitektur yg akan datang?
  3.  Data & information, diidentifikasi dgn menjawab: aliran informasi apa saja yang diperlukan dalam area aktifitas agar sukses? bagaimana aliran informasi ini bisa disatukan, efisien, akurat, dan aman? bagaimana data tsb akan berguna menjadi informasi dan knowledge?
  4. System & Application, diidentifikasi dgn menjawab: teknologi, sistem, dan aplikasi apakah yang dibutuhkan untuk di bangun dan untuk menyimpan data, informasi dan knowledge layanan bisnis yang dibutuhkan? bagaimana semua aplikasi dan teknologi bisa bekerja bersama saat dibutuhkan?
  5. Network & Infrastructure, diidentifikasi dgn menjawab: bagaimana network bisa diintegrasikan agar efisien dan efektif, infrastruktur apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung sistem