School of Information Systems

Knowledge Individu Bagi Perusahaan

Knowledge management merepresentasikan secara sistematik  penggunaan optimal dari knowledge base perusahaan baik dari keahlian atau knowledge individu, cara berfikir, inovasi dan ide untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan. Knowledge Management  merupakan wadah atau media bagi perusahaan untuk menampung semua asset pengetahuan dari perusahaan baik dari individu maupun team.  Seorang karyawan yang memiliki asset knowledge tidak hanya digunakan untuk mendukung pekerjaan atau tugas-tugas individu tapi juga harus di dokumentasikan bagi kepentingan perusahaan.

Kendala yang dihadapi oleh perusahaan terkait dengan dokumentasi  knowledge individu bagi perusahaan  bisa bermacam-macam. Pertama dari pihak karyawan yang tidak memiliki kepedulian untuk berbagi pengetahuan atau sekedar mendokumentasikan bagi kepentingan  perusahaan. Setidaknya  karyawan harus melakukan upaya lagi untuk berbagi pengetahuan yang secara tidak langsung akan menambah beban kerja tanpa ada reward untuk dirinya. Kendala yang kedua adalah belum adanya media untuk menampung knowledge karyawan tersebut. Jika karyawan sudah bersedia berbagi keahlian yang dimiliki tapi perusahaan belum memiliki media yang dapat menampung knowledge tersebut maka proses dokumentasi knowledge individu karyawan  juga tidak bisa dilakukan. Keraguan dari karyawan untuk berbagi knowledge didasari pada ketidakmampuan karyawan dalam melihat sisi positif dan manfaat dari berbagi knowledge. Pikiran negative muncul seiring dengan ketidakpahaman karyawan. Misalnya jika karyawan akan berbagi pengetahuan atau akan mendokumentasikan pengetahuanya maka posisi atau kedudukannya akan terancam.

Dengan demikian perusahaan harus menyikapi masalah ini dengan membuat serangkaian kebijakan atau kegiatan yang bertujuan untuk mempermudah proses acquire knowledge dari karyawan yaitu:

Sosialisasi

Program ini bertujuan untuk memberikan penjelasan secara menyeluruh tentang proses dokumentasi pengetahuan individu bagi perusahaan. Sosialisasi ini menjelaskan secara lengkap semua proses yang akan dilakukan dan peran dari masing-masing individu di setiap prosesnya. Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang rearwards bagi karyawan serta hal-hal lain yang berisikan motivasi bagi karyawan.

Media

Perusahaan harus menyediakan media yang diperlukan bagi upaya mendapatkan penegtahuan dari karyawan. Media ini menjadi sarana bagai karyawan untuk menunangkan ide atau gagasannya serta pengetahuan dan pengalaman yang dimilki karyawan. Media ini juga selayaknya dapat menindaklanjuti ide, gagasan, pengalaman atau pengetahun karyawan.

Training/workshop

Program ini bertujuan menjelaskan secara teknis bagaimana proses penyerapan pengetahuan dari karyawan. Serangkaian prosedur harus dipersiapkan oleh perusahaan sehingga karywan dapat memahami dengan baik langkah-langkah yang harus dilakukan. Workshop dilaksanakan guna membantu karyawan dalam menggunakan tools atau alat yang digunakan pada media yang telah dipersiapkan oleh perusahaan.

Follow up

Setelah ide, gagasan dan pengalaman  individu karywan diperoleh Langkah berikutnya adalah menindaklanjuti idea tau gagasan tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan temuan tersebut misalnya membagikan pengalaman atau keahlian dari individu karyawan bagi karyawan lain sesuai dengan bidang keahliannya atau menjadikan idea tau gagasan karyawan untuk dipertimbangkan dalam perencanaan perusahaan.