People Innovation Excellence

Tools for Documenting Information System (Part 1)

Pendokumentasian suatu sistem informasi saat ini sangat penting bagi semua organisasi. Baik organisasi perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan, jasa maupun manufaktur ataupun industri. Semua pemilik perusahaan pasti menginginkan suatu informasi yang tepat waktu, akurat, relevan untuk melihat laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan dalam suatu periode tertentu.

            Dalam pendokumentasian sistem, perusahaan dapat menggunakan beberapa alat/tools yang dapat digunakan, antara lain  : Flowchart, Data Flow Diagram, OOAD (Objective Oriented Analysis and Design. Setiap perusahaan pasti menggunakan alat yang berbeda satu dengan yang lainnya dalam mendokumentasikan sistem dalam proses bisnisnya. Pada artikel ini akan dijelaskan tentang alat untuk mendokumentasikan sistem dengan menggunakan flowchart.

            Flowchart adalah adalah teknik analisis untuk menggambarkan aspek-aspek dari sistem informasi dengan jelas, konsisten, dan logis. Flowchart menggunakan simbol untuk menggambarkan secara logis proses transaksi dan aliran data melalui sistem, serta menggunakan representasi bergambar yang lebih mudah untuk dipahami  dengan narasi yang terperinci. Berikut ini adalah simbol-simbol dalam flowchart :

 16Juni2.1  16Juni2.2

 

Ada tiga tipe flowchart yaitu 1). Document Flowchart menggambarkan aliran dokumen dan informasi yang ada di organisasi. Di document diperlihatkan dimana setiap dokumen diorganisasikan, dimana pendistribusiannya, dan apa saja yang terjadi pada proses, 2) System Flowchart merepresentasikan informasi secara logis, mulai dari sistem input, proses, dan output. System pada flowchart dimulai dari mengidentifikasi sistem input yang diikuti dengan proses pada data, 3) Program Flowchart  merupakan urutan logis dari logika program yang ditampilkan dalam komputer.

(Sumber  : Romney, Marshall B., Steinbart, Paul J:2012. Accounting Information Systems)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close