School of Information Systems

Dampak Management Support System

Management Support System menjadi teknologi berbasis internet. Kecenderungan saat ini adalah untuk membuat management Support System menjadi lebih cerdas. Teknologi utama : agen cerdas, system pakar, jaringan saraf dan lain-lain.

Penggunaan teknologi suara dan pengolahan bahasa untuk memfasilitasi pengunaan Management Support System. Intelligence Agent akan menjelajahi internet dan intranet, membantu pengambilan keputusan dalam pengawasan dan intepretasi informasi.

Pengunaan teknologi nirkabel, teknologi groupware untuk kolaborasi dan komunikasi akan menjadi lebih mudah digunakan, lebih canggih dan murah.

Management Support System merupakan faktor penting dalam informasi, Web, dan revolusi pengetahuan. Ini adalah transformasi budaya. Berbeda dengan revolusi yang lebih lambat pada masa lalu, seperti revolusi industri, revolusi ini berlangsung sangat cepat dan mempengaruhi setiap aspek kehidupan kita. Cakupan transformasi yang pesat ini meliputi sejumlah masalah-masalah manajerial, ekonomi, dan sosial. Menurut Gartner Group, pangsa Management Support System terdiri dari industri komputer, termasuk sistem yang tertanam dan Business Intelligence, yang diharapkan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan 37,5 persen, serta dampak Management Support System yang sangat substansial.

Pekerjaan Management Support System dari sistem komputerisasi lainnya adalah hal yang sulit dilakukan, terutama karena kecenderungan mengintegrasikan, atau bahkan embedding, antara management support system dengan sistem informasi berbasis komputer lainnya. Sangat sedikit informasi yang dipublikasikan yang tersedia tentang dampak teknologi management support system murni, karena teknik yang sering terintegrasi dengan sistem informasi lainnya dan manfaatnya sebagian besar sudah tercapai. Masalah lain dalam menilai dampak dari management support system adalah perubahan yang cepat dalam pelaksanaan management Support System. Dengan demikian, beberapa dari diskusi management support system harus berhubungan dengan sistem komputer pada umumnya.

Management support system memiliki implikasi mikro dan makro. Sistem tersebut dapat mempengaruhi individu-individu dan pekerjaan tertentu, dan mereka juga dapat mempengaruhi struktur kerja departemen dan unit dalam suatu organisasi. Mereka juga dapat memiliki efek jangka panjang yang signifikan terhadap total struktur organisasi, seluruh industri, komunitas, dan masyarakat secara keseluruhan.

Selanjutnya, menyajikan suatu kerangka kerja yang menunjukkan arsitektur tingkat tinggi dari management support system. Sistem selalu tetap dalam keseimbangan selama semua bagian-bagiannya tidak berubah. Rangsangan perubahan besar yang relevan dengan management support system biasanya strategi dan teknologi, terutama ketika Business Intelligence  diperkenalkan.

 16Juni3

Gambar 1. Sebuah Kerangka untuk Organisasi Masyarakat dan Dampak Artificial Intelligence Technology

Area Utama Dampak Sosial yang ada meliputi :

– Changing role of home bound people

– Computer crime and fraud

– Consumers

– The digital divide

– Employment levels

– Opportunities for the disabled

– Quality of life

– Work in hazardous environments

Salah satu perubahan besar yang terjadi sekarang adalah munculnya web dan dampaknya terhadap management support system. Hubungan lainnya adalah dukungan keputusan dan manajemen pengetahuan. Keduanya terkait dengan transformasi organisasi.

Dampak dari komputer dan teknologi management support system dapat dibagi menjadi tiga kategori umum: organisasi, individual dan sosial.