People Innovation Excellence

Cloud Computing and Business Intelligence

Kemunculan tren teknologi lain yang dimana pengguna BI harus menjadi komputasi awan.

Cloud Computing

 Cloud computing atau komputasi awan merupakan tren baru di bidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet.

Cloud computing sebagai gaya komputasi di mana sumber daya secara dinamis terukur dan sering divirtualisasi melalui internet. Pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan, atau kontrol atas infrastruktur teknologi cloud yang didukungnya. Definisi ini luas dan komprehensif. Dalam beberapa hal, komputasi awan adalah nama baru bagi banyak tren yang  sebelumnya terkait yaitu : utilitas komputasi, layanan aplikasi penyedia komputasi grid, komputasi permintaan, perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), dan komputasi terpusat, yang bahkan lebih tua dengan dumb terminal. Tapi istilah cloud computing berasal dari referensi ke internet sebagai “awan” dan merupakan evolusi dari semua tren komputasi terpusat sebelumnya. Entri Wikipedia juga mengakui bahwa komputasi awan merupakan gabungan dari komponen beberapa teknologi informasi sebagai layanan. Misalnya, infrastruktur sebagai layanan (IaaS) mengacu untuk menyediakan platform komputasi sebagai layanan (PaaS), serta semua provisioning platform dasar, seperti administrasi manajemen, keamanan, dan sebagainya. Ini juga mencakup SaaS, yang mencakup aplikasi yang akan disampaikan melalui browser Web sedangkan data dan program aplikasi yang pada beberapa server lain.

16Juni1

Perusahaan yang menyediakan layanan cloud

Banyak perusahaan yang menawarkan layanan komputasi awan, seperti : Salesforce.com, IBM, Sun Microsystems, Microsoft ( Azure ), Google, dan Yahoo .

Cloud computing , seperti banyak tren Teknologi Informasi lainnya, telah mengakibatkan korban baru dalam intelijen bisnis. White( 2008) dan Trajman ( 2009) memberikan contoh persembahan BI yang terkait dengan komputasi awan. Trajman mengidentifikasi beberapa perusahaan yang menawarkan pilihan data warehouse berbasis cloud. Opsi ini memungkinkan organisasi untuk meningkatkan data warehouse dan hanya membayar untuk apa yang digunakannya. Perusahaan yang menawarkan layanan tersebut termasuk 1010data , LogiXML, dan Era Lucid. Perusahaan-perusahaan ini menawarkan fitur ekstrak, mengubah, dan kemampuan beban serta alat analisis data lanjutan. Ini adalah contoh dari SaaS serta data sebagai layanan ( DaaS ). Perusahaan lain, seperti Elastra dan Rightscale, menawarkan dashboard dan alat manajemen data yang mengikuti model SaaS dan DaaS, tapi mereka juga mempekerjakan IaaS dari penyedia lain, seperti Amazon.com atau Go Grid.

Dengan demikian, pengguna akhir dari layanan Business Intelligence berbasis cloud dapat menggunakan satu organisasi untuk aplikasi analisis yang pada gilirannya menggunakan perusahaan lain untuk platform infrastruktur.

Jenis penawaran berbasis cloud terus tumbuh dan semakin popular dari waktu ke waktu. Sebuah keuntungan besar dari penawaran ini adalah difusi cepat dari alat analisis canggih di antara para pengguna, tanpa investasi yang signifikan dalam akuisisi teknologi. Namun, sejumlah kekhawatiran telah dikemukakan tentang komputasi awan, termasuk hilangnya kontrol dan privasi, kewajiban hukum, isu-isu politik lintas batas, dan sebagainya. Meskipun demikian, komputasi awan adalah sebuah inisiatif penting bagi seorang profesional Business Intelligence untuk melihat jauh ke depan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close