People Innovation Excellence

Trend Green Computing

1

 

Green computing istilah yang sedang marak sekarang ini, dimana green computing dihubungkan dengan penggunaan perangkat komputer yang ramah lingkungan. Contoh sederhana pengaplikasian dari green computing adalah pemilihan centra processing unit (CPU) serta mulai memilah komputer server yang hemat energi. Secara lebih luas green computing mencakup teknik perangkat komputer yang efisien dimana hal ini dimaksudkan untuk membantu pengelolaan limbah elektronik (e-waste) menjadi lebih ideal.

Inisiatif untuk green computing sendiri muncul sejak tahun 1992 dimana hal ini diprakarsai oleh US Environmental Protection Energy dengan meluncurkan program “Energy Star”. Progam ini merujuk pada produksi barang – barang elektronik yang ramah lingkungan dan hemat energi seperti monitor, pengontrol iklim serta teknologi lain dimana barang – barang tersebut sudah diuji dan jika memang sudah lolos uji maka akan mendapatkan tanda seperti tampak dibawah ini

1

Karena dasar dari green computing sendiri adalah  pembuatannya yang ramah lingkungan serta daur ulangnya pun ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa – beberapa tahapan yang sudah mulai dilakukan dalam green computing :

  1. Mengganti lapisan – lapisan komputer dari plastic biasa menjadi bioplastic, yaitu berbahan dasar tanaman  polymers dimana produksinya menggunakan sedikit minyak dan energi. Keuntungan lain dari bioplastik adalah bahannya yang tidak cepat panas.
  2. Komputer – komputer yang sudah usang didaur ulang kembali untuk dijadikan bahan / material yang dibutuhkan dalam sebuah pembuatan komputer yang baru.
  3. Penggunaan bahan-bahan beracun seperti lead dapat diganti dengan perak dan tembaga.
  4. Green computing mampu melakukan penghematan 10%  dari total penggunaan energi dimana hanya dengan melakukan penggantian hard drive dengan solid state drive.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana peran kita untuk ikut berperan serta dalam green computing, hal – hal berikut ini bisa dipraktekkan dalam kehidupan dan kegiatan sehari – hari guna mendukung gerakan green computing :

Green computing on PC

Langkah mudah ini dimulai dengan mematikan komputer ketika memang tidak digunakan dan daripada menggunakan screen saver lebih baik mematikan layar monitor untuk melakukan penghematan listrik.

Green computing on Laptop

Gunakan power saving setting agar baterai bertahan lebih lama, serta matikan bluetooth dan wi-fi jika sedang tidak digunakan. Lakukan recycle terhadap laptop – laptop lama sebelum memutuskan untuk membuangnya.

Paperless method

Sejak sekarang ini gunakan e-billing untuk semua tagihan anda.

Paperless on Education

Sedikit demi sedikit tinggalkan cara konvensional, lakukan pengumpulan tugas dengan cara mengirimkan via email serta terapkan eLearning untuk share materi pengajaran serta assessment.

 

Source :

http://wibisonoyusuf.com/sekilas-tentang-green-it/  diunggah 2013-11-14

http://www.adityarizki.net/saran-saran-green-computing/ diunggah 2010-01

http://www.greenit-monaco.com/en/the-green-it.html

http://williamsulivan.blogspot.com/topik-topik-lanjutan-sistem-informasi.html diunggah 2014-03

 

 

 


Published at : Updated
Written By
Ratna UN
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close