People Innovation Excellence

Big Data

Big data merupakan isu yang muncul seiring dengan jumlah data yang terus berkembang dengan cepat di dunia ini.

“Big data adalah istilah popular yang digunakan untuk menggambarkan pertumbuhan eksponensial dan ketersediaan data, baik untuk structured data dan unstructured data”

Structured data:

Data yang berada dalam suatu field dari suatu record atau file, termasuk data yang berada di dalam database relasional

Structured data dapat berupa: structured data : numeric, character, date, dan time

 

Unstructured data:

Mengacu pada informasi yang tidak memiliki model data yang telah ditentukan atau tidak terorganisir dengan cara yang telah ditentukan. Unstructured data biasanya berupa text document, dan mungkin juga berisi data seperti tanggal, angka, dan fakta lainnya. Unstructured data dapat berupa: text dokumen, email, video, audio, dan data dari sosial media

Big data dihasilkan dari segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Semua proses digital dan pertukaran data pada media sosial menghasilkan data. Perangkat dan sistem mobile serta perangkat dan sistem sensor juga mengirimkan dan menghasilkan data. Big data datang dari berbagai sumber dan saat ini kecepatan, volume dan variasi kedatangan data makin terus meningkat dengan pesat. Big data mungkin menjadi aspek penting dalam bisnis suatu organisasi dan juga untuk masyarakat seperti halnya internet yang telah menjadi aspek penting bagi bisnis suatu organisasi dan juga untuk masyarakat. Timbul pertanyaan mengapa big data menjadi isu penting bagi organisas? Hal ini terjadi karena lazimnya makin banyak data yang diperoleh, makin mendukung analisis yang akurat dapat dilakukan dengan baik. Makin akurat analisis, makin tinggi tingkat keakuratan dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang baik mendukung meningkatnya efisiensi dalam opersional bisnis perusahaan, menurunkan biaya dan mengurangi resiko dalam mengelola operasioanl bisnis perusahaan. Karenanya perlu untuk mengekstraksi suatu nilai yang berarti dari data yang berjumlah besar, untuk itu dibutuhkan alat dan orang yang memiliki kemampuan untuk memproses dan menganalisis data dengan baik.

Karakteristik Big Data

  • Scale (Volume)

Volume data terus meningkat dari waktu ke waktu. Banyak faktor yang mendukung meningkatnya volume data secara pesat, diantaranya adalah hampir semua transaksi bisnis melibatkan data, meningkatnya jumlah unstructured data yang mengalir dari media sosial, dan meningkatnya jumlah data yang dihasilkan dari mesin serta perangkat mobile.

untitled

  • Velocity

Data mengalir dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan hal ini harus ditangani secara tepat waktu. Penggunaan RFID, perangkat sensor dan alat pengukur pintar pada kegiatan bisnis mendorong kebutuhan untuk menangani aliran data yang besar tersebut secara real-time. Reaksi yang cepat terhadap aliran data yang deras tersebut merupakan tantangan yang harus dijawab oleh organisasi.

  • Variety

Sekarang ini data memiliki beragam format dan tipe. Data tersebut ada yang berupa structured data dan unstructured data. Informasi dihasilkan dari aplikasi bisnis yang digunakan oleh organisasi dan melibatkan structured data ataupun unstructured data. Mengelola, menggabungkan dan mengatur data yang memiliki beragam format dan tipe adalah suatu tantangan yang harus dijawab oleh organisasi. Selain itu untuk menghasilkan pengetahuan dari data yang berjumlah besar tersebut perlu untuk menghubungkan semua data dari beragam tipe dan format.

untitledq

untitledd

untitled

untitleddxz

untitleddx

untitleddxzc

SAS menambahkan dua karakteristik tambahan untuk big data:

  • Variability.

Selain meningkatnya kecepatan (velocities) dan jenis (verieties) data, aliran data dapat menjadi tidak konsisten terutama di waktu sibuk (periodic peaks). Misal seperti yang terjadi di media sosial, di mana selalu muncul pertanyaan “Apa yang menjadi trending topic di media sosial saat ini? Mengelola data di waktu sibuk (peak data) baik, harian, musiman dan pada suatu peristiwa tertentu merupakan tantangan bagi organisasi, terlebih lagi jika mellibatkan unstructured data.

  • Complexity

Saat ini data dapat berasal dari berbagai sumber, dan usaha masih terus dilakukan untuk menghubungkan, membandingkan, membersihkan dan mengubah data yang ada di seluruh sistem. Perlu untuk menghubungkan data dan relasi data satu sama lain atau data akan menjadi berada di luar kendali anda ……..

z

Referensi

Big Data What it is and why it matters http://www.sas.com/en_us/insights/big-data/what-is-big-data.html, diakses 6 April 2014

Big Data Data savvy. Insight driven. http://www.ibm.com/big-data/us/en/, diakses 6 April 2014

WPI, Mohamed Eltabakh, Special Topics in DBs Large-Scale Data Management, 2013, diakses 6 April 2014


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close