People Innovation Excellence

Ancaman yang Ditebar Perangkat Keras Elektronik

Perangkat keras yang terkait dengan komputer, alat komunikasi seperti seluler, dan peralatan elektronik lainnya berguna dan digunakan oleh masyarakat secara luas namun jarang yang mengetahui bahwa dibalik kenyamanan penggunaannya terdapat ancaman yang dahsyat karena bila ancaman ini tidak diantisipasi dari awal akan menjadi bencana bagi manusia dan menjadi sulit untuk diatasi.

CPU dan Monitor adalah perangkat keras yang sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat awam bahkan oleh anak-anak yang masih balita sekalipun. Peralatan ini diperjual-belikan secara umum sampai ke pelosok, baik yang kondisinya baru, bekas dalam arti sudah dipakai beberapa saat, maupun yang sudah rongsokan untuk dijual per komponen yang masih berfungsi. Yang akan disampaikan disini adalah perlunya mengetahui ancaman apa saja yang ada pada peralatan sejenis CPU dan monitor tersebut.

Mari kita lihat apa saja bahan yang ada pada sebuah monitor dan CPU pada gambar berikut

ANCAMAN YANG DITEBAR PERANGKAT KERAS ELEKTRONIK

 

Dapat dilihat pada bagian kiri bawah apa saja bahan yang dipergunakan dan dimana letaknya pada sebuah CPU dan monitor. Bila sudah mengetahuinya, apa yang menjadi ancaman?

Tabel ANCAMAN YANG DITEBAR PERANGKAT KERAS ELEKTRONIK

 

Dari tabel di atas maka kita bisa melihat bahwa bahan paling banyak adalah timah yang ada pada papan sirkit dan gasket pada monitor yang ternyata mampu merusakkan pusat syaraf dan jaringannya, sistem sirkulasi darah maupun ginjal manusia. Selain itu bisa berpengaruh negatif pada perkembangan otak pada anak-anak. Cadmium yang digunakan pada komponen chip dan semi konduktor akan berkumpul di ginjal dan hati, dan juga mampu merusak sistem syaraf. Sampai terakhir adalah arsen, salah satu senyawa yang sangat beracun, yang menjadi bahan pada rumah plastik peralatan elektronik dan juga papan sirkit ternyata mampu mengganggu fungsi sistem endocrine tubuh manusia.

Jelas dari gambar dan tabel di atas ternyata banyak sekali kandungan bahan berbahaya yang ada di sekitar kita sebagai pengguna barang elektronik. Telepon seluler sudah demikian umum sehingga menjadi kebutuhan biasa dalam kehidupan sehari hari memberikan ancaman pada batere bekasnya. Batere bekas ini bila tidak ditangani dengan baik, bahan pembangkit listrik akan meracuni tanah dan tanah tidak bisa segera menetralkan dengan segera. Apabila batere ini dan juga batere yang dipakai dalam rumah tangga tidak ditampung dengan baik maka pencemaran pada tanah akan mencemari air tanah. Air tanah diambil manusia untuk keperluan sehari hari seperti mandi, cuci dan juga sebagai air minum. Air minum yang tercemar ini apabila dimunum akan mengancam kesehatan manusia yang meminumnya. Kerusakan alam seperti itu akan sangat sulit diatasi. Jadi barang buangan produk elektronik mampu mengancam kesehatan manusia dan juga sekaligus merusak lingkungan alam.

Bagaimana sebaiknya? Dimulai dari kita sendiri yang dengan disiplin memilih, membeli dan menggunakan perangkat elektronik yang ramah lingkungan. Memang akan sedikit lebih mahal tetapi ikut membantu mengurangi percepatan kerusakan lingkungan. Pembuangan barang-barang bekas elektronik seharusnya dilakukan secara benar dan hal itu mestinya menjadi pekerjaan pemerintah untuk membuat regulasi maupun perangkat pelaksanaannya.  (HD)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close