People Innovation Excellence

Strategi membangun Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada koperasi konsumsi di Indonesia

Judul Strategi membangun Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada koperasi konsumsi di Indonesia     (Reserach SI-2012-05)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Santo F.Wijaya, SKom, MM
Anggota Peneliti Hendra Alianto, SKom, MM; Harijanto Pangestu, SKom, MKom

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

Hampir semua koperasi konsumsi belum menggunakan sistem ERP, bahkan sebagian besar Koperasi Konsumsi masih menggunakan cara kerja secara manual dalam pencatatan dan pengelolaan transaksi. Hal ini mengakibatkan sering terjadi kesalahan menentukan harga jual produk, informasi persediaan yang tidak akurat dan tidak uptodate, keterlambatan dalam penyajian laporan ke pihak manajemen, sulit dalam mengambil keputusan yang bersifat strategis, karena tidak tersedianya informasi yang dibutuhkan,  timbul ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan, terganggunya hubungan dengan pihak pemasok, tidak terciptanya komunikasi yang efektif antar karyawan di koperasi, Hal ini yang mengakibatkan sasaran atau tujuan yang ingin dicapai koperasi konsumsi tidak terpenuhi, sehingga tidak memiliki keunggulan bersaing.

Untuk memecahkan permasalahan diatas, maka penulis menganalisa bagaimana strategi untuk membangun sistem ERP. Melalui sistem ERP dapat mendukung sinergi dari semua fungsi manajemen dan meningkatkan kinerja usaha koperasi konsumsi. Secara umum, dengan penerapan sistem ERP akan berpengaruh dan memberikan solusi, yaitu meningkatkan kualitas dan efisiensi, menurunkan biaya operasional, penyajian  informasi yang akurat dan uptodate, mendukung pengambilan keputusan yang bersifat strategis, menghasilkan analisa dan laporan yang mendukung perencanaan jangka panjang, menghasilkan informasi sebagai dasar perencanaan sumber daya dan aktivitas proses bisnis koperasi seperti pembelian, penjualan, persediaan barang, perencanaan cash flow dan perencanaan pengalokasian budget.  Dengan membangun sistem ERP akan menghasilkan organisasi koperasi yang lebih lincah yaitu adanya struktur organisasi yang fleksibel, memiliki tanggung jawab manajerial dan peran kerja yang fleksibel, tenaga kerja yang lincah dan adaptif, sehingga dapat mudah memanfaatkan berbagai peluang bisnis baru. Melalui strategi membangun sistem ERP yang baik pada koperasi konsumsi akan memberikan kontribusi positif terhadap penggunaan sumber daya menjadi optimal dan kinerja koperasi semakin baik dengan peningkatan keuntungan lebih maksimal

Kata Kunci: Koperasi, efisiensi, efektifitas, Enterprise Resource Planning,


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close