People Innovation Excellence

PERANCANGAN MODEL SISTEM KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK UKM

Judul PERANCANGAN MODEL SISTEM KNOWLEDGE MANAGEMENT UNTUK UKM (Research SI-2012-02)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Yuliana Lisanti, M.ITM.
Anggota Peneliti Devyano Luhukay, S.Kom; Mediana Aryuni, M.Kom

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

Para pengusaha kecil dan menengah merupakan salah satu penopang perekonomian. Namun di balik itu minimnya pengetahuan para pengusaha kecil dan menengah dalam menjalankan proses bisnis merupakan sebuah hambatan untuk berkembang di tengah ketatnya persaingan bisnis. Para pengusaha kelas menengah ini dikumpulkan di dalam sebuah organisasi yang disebut UKM. Dimana UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Metodologi yang digunakan adalah metode pengumpulan data, metode analisis dan perancangan. Pada metode pengumpulan data dilakukan Studi Literatur, Wawancara, kuesioner dan Observasi. Metode tahapan analisis Knowledge Management Cycle. Sedangkan  metode perancangan adalah  System Analysis and Design: Satzinger ( 2009 ).

Hasil yang didapat adalah sebuah aplikasi Knowledge Management untuk UKM yang berbasis web yang memiliki fitur-fitur seperti untuk menyediakan forum dan portal sebagai tempat bertukar informasi dan bertukar knowledge

Picture1

Kata kunci: Knowledge Management, UKM, daya saing

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close