People Innovation Excellence

Perancangan Dashboard Learning Intelligence System

Judul Perancangan Dashboard Learning Intelligence System.  (Research SI-2012-25)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Novan Zulkarnain, ST., M.Kom
Anggota Peneliti Indra Kusumadi Hartono, SS., MM; Rudy Tjahyadi, S.Kom., M.M

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

Dalam kegiatan pengembangan sumberdaya manusia di suatu perusahaan, termasuk didalamnya kegiatan pelatihan/training bagi karyawan baik yang telah mencapai posisi manajerial maupun yang belum. Kegiatan training ini sangat penting bagi strategi inovasi dan continuous improvement perusahaan tetapi kadang dipersepsikan sebagai cost/biaya yang besar dan tidak sebagai investasi sumberdaya manusia yang menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Bagaimana suatu kegiatan training tersebut bisa menjadi investasi yang menguntungkan bagi perusahaan, dibutuhkan suatu tools/alat bantu yang menggambarkan laporan dan analisa bagi kegiatan investasi training tersebut(learning intelligence system). Sistem ini juga dapat dikembangkan menjadi salah satu pendukung kinerja individu dalam suatu perusahaan atau penyedia data bagi aplikasi Key Performance Indicator (Balance Score Card) suatu perusahaan.

Pelatihan adalah komponen penting dalam strategi organisasi utnuk inovasi dan perbaikan terus-menerus. Namun pelatihan adalah area dimana actual return-on-investasi (ROI) adalah tidak pasti. Mengingat pengeluaran besr untuk pelatihan di banayk organisasi penting untuk mengembangkan alat yang akan membantu perusahaan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dan meningkatkan pengukuran efektifitas pelatihan.

Penelitian ini akan memberikan sebuah model Learning Inteligence System, yang bermanfaat untuk dikembangkan dalam organisasi, baik pemerintah, swasta lembaga pendidikan serta lembaga lainnya yang sedang dan akan memberikan pelatihan secara berkala. Model dashboard ini diharapkan dapat meningkatkan pengukuran efektifitas pelatihan bagi organisasi.

 

Kata kunci : pelatihan, dashboard, learning intelligence system


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close