People Innovation Excellence

Pengembangan Model E-Learning dengan Menggunakan CoI Framework. Studi Kasus : Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen

Judul Pengembangan Model E-Learning dengan Menggunakan CoI Framework. Studi Kasus : Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen .(Research SI-2012-07)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Lydiawati Kosasih Asalla, S.Kom.. MM.
Anggota Peneliti Yakob Utama Chandra, SE., MMSI; Roni Kurniawan, S.Kom., M.Kom., MM, M.Akt

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

 

Dalam penelitian ini akan membahas beberapa pertimbangan dalam dunia pendidikan untuk mencapai pembelajaran dengan kualitas yang baik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti Electronic Learning (E-Learning), dan menggunakan model Community of Inquiry (CoI) sebagai studi banding untuk meningkatkan kualitas dari program E-Learning. Penerapan model CoI  di dalam forum diskusi melalui E-Learning akan meningkatkan kualitas dari sebuah diskusi sebagai peningkatkan dari knowledge management. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan kepada Jurusan bagaimana meningkatkan efektivitas pemakaian forum diskusi pada BiNusMaya (E-Learning), dengan menyajikan hasil survey terkait kondisi Binusmaya saat ini, hambatan yang dialami dan harapan pengembangan dari Binusmaya baik dari sisi Dosen maupun Mahasiswa. Juga akan disajikan penerapan model CoI dalam suatu proses pembelajaran ketika pertemuan diluar kelas (tanpa tatap muka).

Diharapkan dari hasil penelitian ini akan menjadi landasan untuk dapat mengembangkan rancangan model CoI dan rencana penerapannya pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen untuk meningkatkan kualitas penggunaan forum diskusi sebagai bagian dari knowledge management proses, pada penelitian selanjutnya.

 

Picture1

Kata kunci : Pendidikan, e-Learning, model CoI, kualitas


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close