School of Information Systems

Pengembangan Model E-Learning dengan Menggunakan CoI Framework. Studi Kasus : Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen

Judul Pengembangan Model E-Learning dengan Menggunakan CoI Framework. Studi Kasus : Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen .(Research SI-2012-07)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Lydiawati Kosasih Asalla, S.Kom.. MM.
Anggota Peneliti Yakob Utama Chandra, SE., MMSI; Roni Kurniawan, S.Kom., M.Kom., MM, M.Akt

RINGKASAN DAN SUMMARY

Dalam penelitian ini akan membahas beberapa pertimbangan dalam dunia pendidikan untuk mencapai pembelajaran dengan kualitas yang baik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti Electronic Learning (E-Learning), dan menggunakan model Community of Inquiry (CoI) sebagai studi banding untuk meningkatkan kualitas dari program E-Learning. Penerapan model CoI  di dalam forum diskusi melalui E-Learning akan meningkatkan kualitas dari sebuah diskusi sebagai peningkatkan dari knowledge management. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan kepada Jurusan bagaimana meningkatkan efektivitas pemakaian forum diskusi pada BiNusMaya (E-Learning), dengan menyajikan hasil survey terkait kondisi Binusmaya saat ini, hambatan yang dialami dan harapan pengembangan dari Binusmaya baik dari sisi Dosen maupun Mahasiswa. Juga akan disajikan penerapan model CoI dalam suatu proses pembelajaran ketika pertemuan diluar kelas (tanpa tatap muka).

Diharapkan dari hasil penelitian ini akan menjadi landasan untuk dapat mengembangkan rancangan model CoI dan rencana penerapannya pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen untuk meningkatkan kualitas penggunaan forum diskusi sebagai bagian dari knowledge management proses, pada penelitian selanjutnya.

Picture1

Kata kunci : Pendidikan, e-Learning, model CoI, kualitas