School of Information Systems

PENGEMBANGAN MODEL AKREDITASI ONLINE UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) BAGI PENINGKATAN EFISIENSI KERJA ASSESOR DAN PENYIMPANAN DATA DAN INFORMASI AKREDITASI ONLINE

Judul PENGEMBANGAN MODEL AKREDITASI ONLINE UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) BAGI PENINGKATAN EFISIENSI KERJA ASSESOR DAN  PENYIMPANAN DATA DAN INFORMASI AKREDITASI ONLINE

(Research SI-2012-20)

Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti InayatullohSE, MMSI
Anggota Peneliti Sartika Kurniali S.Kom.,MMSI; Titan S.Kom

RINGKASAN DAN SUMMARY

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan penilaian akreditasi SMK  dan meningkatkan ektifitas dan efisiensi dalam  penilaian akreditasi  dengan mengembangkan model  penilaian yang menggunakan decision support system (DSS). Penilaian akreditasi SMK mencakup 8 aspek penilaian, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan , standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. Seluruh kegiatan bertujuan memasyarakatan model program analisis penilaian akreditasi SMK Decision Support System (DSS).

Tujuan spesifik penelitian ini adalah, agar setiap assesor dapat memanfaatkan  Decision Support System (DSS) dalam melaksanakan penilaian sehingga mengurangi beban kerja assesor dalam menilai akreditasi SMK. Pengembangan model penilaian yang menggunakan Decision Support System (DSS) , pendekatan  berorientasi objek dan berbasis web, sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan real-world, meningkatkan kinerja, sederhana, fleksibel,  dapat dimanfaatkan dari berbagai daerah/sekolah secara mudah dengan mengaksesnya melalui web.

Dalam implementasinya dipilih beberapa assesor dari beberapa SMK untuk menguji tingkat kepraktisan dan relevansi pemakaian DSS dengan situasi aktual peningkatan kinerja assesor.

Kata Kunci : SMK, Akreditasi, decision support system