People Innovation Excellence

Pengembangan Media Destinasi Pariwisata memanfaatkan Potensi dan Sumberdaya Lokal di Era Otonomi dan Pemekaran Daerah

Judul Pengembangan Media Destinasi Pariwisata   Memanfaatkan Potensi dan Sumberdaya Lokal   di Era Otonomi dan Pemekaran Daerah

(Reserach SI-2012-01)

Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Yosafati Hulu, Ir., MM
Anggota Peneliti Agus Putranto, S.Kom., M.T., M.Sc.

RINGKASAN DAN SUMMARY

Mengingat: (1) adanya peningkatan kebutuhan daerah (pemerintah dan masyarakat) dalam mengembangkan destinasi pariwisata di era otonomi dan pemekaran dibandingkan di era sebelumnya, (2) adanya kebutuhan wisatawan untuk memilih dengan tepat objek wisata sesuai dengan kriterianya masing-masing, dan (3) adanya kebutuhan pengusaha untuk menawarkan objek-objek wisata yang menarik sesuai dengan kebutuhan calon wisatawan, maka perlu dikembangkan suatu media yang mampu memfasilitasi ke­butuhan-kebutuhan tersebut.

Media ini berupa sistem perangkat lunak berbasis web yang dapat diakses secara luas melalui internet. Sistem ini mampu menyimpan dan menyajikan destinasi pariwisata Indonesia secara menyeluruh, sistematis, dan terstruktur serta bisa mengklasifikasikan berbagai objek wisata berdasarkan atribut seperti: lokasi (nama pulau, propinsi, kabupaten), jenis/produk wisata, bagaimana mencapai objek tersebut, biaya, dan juga berbagai informasi informal seperti: seluk beluk objek wisata daerah yang dimasukkan oleh masyarakat lokal atau berbagai pengalaman wisata yang dimasukan oleh wisatawan.

Pada tahap pertama akan fokus pada sistem database yang memampukan pemerintah daerah dan masyarakat lokal menyimpan informasi objek-objek wisata dan produknya secara sistematis dan terstruktur sehingga calon wisatawan dapat menemukannya dengan mudah melalui metoda pencarian yang sederhana (tidak rumit). Sistem Database inilah yang kemudian menjadi landasan informasi lain yang akan dibangun pada penelitian-penelitian selanjutnya untuk kebutuhan seperti: Data Warehouse System, Decision Support System, Expert System bagi industri pariwisata Indonesia.

Kata kunci: Media, Wisata, Database, Destinasi, Daerah


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close