School of Information Systems

Modeling Conceptual to Logical Database for 24 Hours Clinic

Judul Modeling Conceptual to Logical Database for 24 Hours Clinic

(Research SI-2012-09)

Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Indrajani, S.Kom., MM
Anggota Peneliti Wihendro, S.Kom., M.M; Safan Capri, S.Kom., MM

RINGKASAN DAN SUMMARY

Tujuan penelitian ini adalah merancang suatu model basis data konseptual dan logikal untuk klinik 24 jam.Klinik 24 jam merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yangmenyelenggarakanpelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medisdasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenistenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis dan menyelenggarakan fasilitas layanan kesehatan 24 jam (Peraturan Menteri Nomor 028/MENKES/I/2011, 2011)untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat di daerah pinggiran kota.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dengan studi kepustakaan, survei, dan wawancara ke pengelola klinik untuk mendapatkan deskripsi bisnis proses klinik 24 jam yang diterapkan. Pada proses ini diperoleh cakupan definisi sistem dan batasan sistem yang akan dianalisa, yaitu mencakup pemeriksaan pasien, tebus obat, pembayaran, pemesanan obat, dan penyesuaian obat.

Kemudian menggunakan metode perancangan konseptual basis data, yangmengidentifikasi entitas penting, hubungan antar entitas, dan attribute-attribute yang ada. Dilanjutkan dengan membuat model logikal basis data yang merepresentasikan basis data klinik 24 jam.

Adapun hasil dari model logikal basis data mencakup tabel-tabel sebagai berikut : Jabatan, Karyawan, Kota, Propinsi, Pemasok, Obat, Kategori_Obat, Satuan, Pemeriksaan_Pasien, DetilPemeriksaanPasien, Pasien, Tebus_Obat, DetilTebusObat, Penyesuaian_Obat, DetilPenyesuaianObat, Pemesanan_Obat, DetilPemesananObat, Pembayaran_Obat, dan DetilPembayaranObat.

Dari model logikal tersebut diharapkan menjadi model basis data untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah aplikasi klinik 24 jam untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.Hasil penelitian ini juga digunakan untuk pengkayaan matakuliah Perancangan Basis Data di Bina Nusantara.

Kata kunci : Model basis dta, Klinik, layanan kesehatan