People Innovation Excellence

Modeling Conceptual to Logical Database for 24 Hours Clinic

Judul Modeling Conceptual to Logical Database for 24 Hours Clinic

(Research SI-2012-09)

Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Indrajani, S.Kom., MM
Anggota Peneliti Wihendro, S.Kom., M.M; Safan Capri, S.Kom., MM

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

 

Tujuan penelitian ini adalah merancang suatu model basis data konseptual dan logikal untuk klinik 24 jam.Klinik 24 jam merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yangmenyelenggarakanpelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medisdasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenistenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis dan menyelenggarakan fasilitas layanan kesehatan 24 jam (Peraturan Menteri Nomor 028/MENKES/I/2011, 2011)untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat di daerah pinggiran kota.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dengan studi kepustakaan, survei, dan wawancara ke pengelola klinik untuk mendapatkan deskripsi bisnis proses klinik 24 jam yang diterapkan. Pada proses ini diperoleh cakupan definisi sistem dan batasan sistem yang akan dianalisa, yaitu mencakup pemeriksaan pasien, tebus obat, pembayaran, pemesanan obat, dan penyesuaian obat.

Kemudian menggunakan metode perancangan konseptual basis data, yangmengidentifikasi entitas penting, hubungan antar entitas, dan attribute-attribute yang ada. Dilanjutkan dengan membuat model logikal basis data yang merepresentasikan basis data klinik 24 jam.

Adapun hasil dari model logikal basis data mencakup tabel-tabel sebagai berikut : Jabatan, Karyawan, Kota, Propinsi, Pemasok, Obat, Kategori_Obat, Satuan, Pemeriksaan_Pasien, DetilPemeriksaanPasien, Pasien, Tebus_Obat, DetilTebusObat, Penyesuaian_Obat, DetilPenyesuaianObat, Pemesanan_Obat, DetilPemesananObat, Pembayaran_Obat, dan DetilPembayaranObat.

Dari model logikal tersebut diharapkan menjadi model basis data untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah aplikasi klinik 24 jam untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.Hasil penelitian ini juga digunakan untuk pengkayaan matakuliah Perancangan Basis Data di Bina Nusantara.

Kata kunci : Model basis dta, Klinik, layanan kesehatan


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close